Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Posisinya Akan Digantikan Prabowo, Jokowi Minta Dukungan BPK Agar Masa Transisi Berjalan Baik

Jokowi menyebut dukungan diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pembangunan dan sehingga membawa kemajuan pada Indonesia.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Posisinya Akan Digantikan Prabowo, Jokowi Minta Dukungan BPK Agar Masa Transisi Berjalan Baik
Instagram/prabowo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon presiden terpilih yang juga merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dukungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta seluruh komponen bangsa dalam masa transisi pemerintahan ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hal itu disampikan Jokowi saat menghadiri acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPP Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Senin (8/7/2024).

"Bapak ibu, saat ini kita sedang berada pada era transisi pemerintahan. Pada bulan Oktober 2024 nanti, saya akan digantikan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Saya mengharapkan dukungan BPK dan seluruh komponen bangsa untuk mendukung peralihan pemerintahan ini agar berjalan dengan baik," kata Jokowi.

Baca juga: BPK Berikan Opini WTP pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2023

Untuk diketahui masa kepemimpinan Presiden Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024 dan akan digantikan Prabowo Subianto.

Menurut Jokowi dukungan diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pembangunan dan sehingga membawa kemajuan pada Indonesia.

"Saya juga mengharapkan dukungan BPK untuk melanjutkan perbaikan ekosistem pemerintahan, membangun pemerintahan yang akuntabel, dan sekaligus fleksibilitas dan selalu berorientasi pada hasil," kata Jokowi.

BERITA REKOMENDASI

Jokowi menyebut pemerintahan yang ia pimpin saat ini, dan pemerintahan ke depan akan selalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK.

Sehingga uang rakyat dapat digunakan dengan baik dan dikelola secara transparan dan akuntabel.

Selain itu pada kesempatan tersebut Presiden juga memerintahkan kepada para Menteri, Kepala Lembaga, dan Kepala Daerah untuk menindaklanjuti serta menyelesaikan rekomendasi dari BPK.

"Agar pengelolaan keuangan APBN dan APBD kita semakin hari semakin tahun semakin baik," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas