Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

POS dan Kasir Gratis Diharapkan Tingkatkan Operasional UMKM

Ia mengatakan dengan fitur-fitur canggih, seperti Web commerce (toko online dengan sekali klik), pencatatan penjualan secara real-time dengan berbagai

Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in POS dan Kasir Gratis Diharapkan Tingkatkan Operasional UMKM
Tribun Pontianak
Launching Aplikasi Kasflo/POS Kasir dan Program KEPO IN SRIKAYA Kalimantan Barat di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis malam, 11 Juli 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Penggunaan aplikasi layanan pembayaran digital dan jasa keuangan lewat telepon seluler pintar untuk untuk meningkatkan operasional hingga pasar UMKM terus berkembang.  

Seperti dilakukan Topindoku dengan meluncurkan Kasflo, aplikasi POS (point of sales) dan kasir gratis yang dirancang khusus untuk UMKM di industri makanan dan minuman (F&B) juga retail, outlet, atau warung kelontong.

Peluncuran ini dilaksanakan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat pada Kamis, 11 Juli 2024 dan dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait. Di antaraya Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Barat, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Barat, hingga sekitar 200 UMKM.

CEO Topindoku, Seiko Manito mengatakan, aplikasi ini memungkinkan para pemilik usaha untuk mengelola operasional mereka dengan lebih efisien dan efektif baik dari segi penjualan, pembukuan, laporan keuangan hingga manajemen karyawan.

"Dengan aplikasi ini kami berharap para pengusaha dapat meningkatkan efisiensi dan mengembangkan bisnis mereka lebih jauh," ujarnya.

Baca juga: Kadin: 54 Persen UMKM Indonesia Dimiliki Perempuan

Ia mengatakan dengan fitur-fitur canggih, seperti Web commerce (toko online dengan sekali klik), pencatatan penjualan secara real-time dengan berbagai mode penjualan dari dine-in, take away dan self order, memungkinkan pegawai resto untuk menangani lebih banyak pesanan dari pelanggan dengan mudah.

"Umumnya fitur-fitur yang dimiliki Kasflo didapatkan secara berbayar atau premium. Namun dengan Kasflo, pengguna bisa menggunakannya secara gratis dengan mendownload Kasflo di Play Store," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Saat ini jumlah UMKM menurut data SIDT (Sistem Informasi Data Tunggal) Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 172.521 pelaku usaha dengan rincian Usaha Mikro sebanyak 170.162 pelaku usaha, Usaha Kecil sebanyak 2.179 pelaku usaha dan Usaha Menengah sebanyak 180 pelaku usaha.

PJ Gubernur Kalbar, Harisson mengapresiasi perusahaan daerah yang memiliki kepedulian terhadap pelaku UMKM.

"Tokoh muda, Bung Seiko dari Kalbar yang selalu berfikir bagaimana memajukan produk UMKM," ujarnya.

Dengan fitur-fitur canggih, seperti Web commerce (toko online dengan sekali klik), pencatatan penjualan secara real-time dengan berbagai mode penjualan dari dine-in, take away dan self order, memungkinkan pegawai resto untuk menangani lebih banyak pesanan dari pelanggan dengan mudah.

Selain itu, juga dengan dukungan pembayaran yang menggunakan metode non tunai dan QRIS dynamic, memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan mudah tanpa salah input.

Manajemen laporan terpadu juga tersedia, mulai dari manajemen pelanggan yang teratur, manajemen karyawan yang mudah, memberi keleluasaan bagi pemilik bisnis untuk mengatur timnya dan melakukan pendekatan personal kepada pelanggan usaha.

Terintegrasinya fitur web commerce juga memungkinkan pelaku usaha UMKM untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di sekitarnya, pun transaksi dapat dilakukan dengan mudah di web commerce.

Diharapkan kehadiran aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi pemilik usaha khususnya perihal pencatatan, penjualan, dan pendanaan, sehingga pelaku UMKM dapat tumbuh dan berkembang secara masif.

Umumnya fitur-fitur yang dimiliki Kasflo didapatkan secara berbayar atau premium. Namun, dengan aplikasi tersebut pengguna bisa menggunakannya secara GRATIS dengan mendownload Kasflo di Play Store.

Kasflo Resto untuk pemilik Restoran dan Kafe dapat diunduh secara gratis melalui Kasflo resto di google store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kasflo_resto.android.
Kasflo Toko untuk pemilik usaha di bidang retail, outlet atau warung kelontong dapat diunduh secara gratis melalui Kasflo Toko
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kasflo_store.android
Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur dan keunggulan Kasflo, kunjungi kasflo.id.
Tentang Topindoku:
Topindoku adalah perusahaan yang berkomitmen memberdayakan dan mendorong pelaku usaha UMKM di pasar tradisional. Diluncurkan melalui aplikasi yang user-friendly, Topindoku memudahkan pelaku usaha yang ingin memulai perjalanan bisnis mereka. Dengan fokus pada memberdayakan UMKM, Topindoku menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kualitas hidup.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas