Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

ASN Mulai Ngantor di IKN September 2024, Progres Pembangunan Gedung Per Hari Ini 78,90 Persen

Saat ini progresnya pembangunan beberapa kantor pemerintahan di IKN belum sepenuhnya rampung.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in ASN Mulai Ngantor di IKN September 2024, Progres Pembangunan Gedung Per Hari Ini 78,90 Persen
dok. WSBP
Proyek Rumah Susun ASN 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur pada September mendatang.

Saat ini progresnya pembangunan beberapa gedung kantor pemerintahan belum sepenuhnya rampung. Sebut saja empat kompleks gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) yang masih terus dilakukan pembangunannya.




Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi mengatakan, gedung Kemenko 1 yang memiliki empat tower, saat ini baru bisa diisi 519 ASN karena belum semua lantai selesai dibangun.

Progres pembangunan gedung Kemenko 1 per 4 Juli 2024 sudah mencapai 78,90 persen.

"Yang kami selesaikan adalah tower yang pertama itu akan fungsional tiga lantai. Tower dua ada tiga lantai. Tower tiga ada tiga lantai. Tower empat ada tiga lantai," katanya dalam konferensi pers secara daring, Kamis (11/7/2024).

"Di situ juga ada nanti auditorium. Kapasitasnya lumayan banyak, lima ratusan orang. Ada kantinnya juga, kemudian juga area parkir di basement yang juga untuk roda empat, roda dua, dan juga sepeda," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Berikutnya, untuk kompleks gedung Kemenko 2, pembangunannya disebut lebih lambat karena mulainya juga belakangan.

Berbeda dengan Kemenko 1 yang sudah empat tower, di Kemenko 2 baru ada satu tower yang dibangun. Progres pembangunannya per 4 Juli 2024 sebesar 38,28 persen.

Lalu, di Kemenko 3, yang pembangunannya per 4 Juli sebesar 85,88 persen, juga telah rampung pembangunan empat tower beserta beberapa lantai di masing-masing tower.

Baca juga: Kementerian PUPR Sebut Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 70 Menit Saat HUT ke-79 RI

"Nah ini akan berfungsi juga beberapa lantai dari empat tower itu di Juli ini. Tower satu ada tiga lantai, tower dua sampai dengan tower tiga hanya dua lantai, tower empat tiga lantai," ujar Imam.

Untuk gedung Kemenko 4, yang progres pembangunannya per 4 Juli sebesar 88,22 persen, saat ini sudah ada empat tower yang terbangun.

Proyek Rumah Susun ASN 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.
Proyek Rumah Susun ASN 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. (HO)

Di kompleks gedung Kemenko 4, kini telah terbangun tower satu dengan tiga lantai, tower dua dengan satu lantai, tower tiga dengan tiga lantai, dan tower empat dengan tiga lantai.

Baca juga: 14 Rumah Menteri di IKN Dinyatakan Siap Pakai untuk HUT RI ke-79, Ada yang Sudah Terisi Furnitur

Imam yakin pembangunan pada Agustus nanti akan lebih baik dibanding bulan ini. Jika ditotal, saat ini empat kompleks gedung Kemenko itu bisa menampung sekitar 2.170 ASN.

"Bulan September pasti akan lebih banyak karena nanti [ASN] mengantornya itu baru September," tutur Imam.

Tak hanya gedung Kemenko, Imam juga memberi informasi terbaru akan perkembangan pembangunan gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Kantor Kemensetneg akan memiliki tiga tower dan satu masjid. Masing-masing dari tiga tower ini baru terbangun empat lantai.

Kapasitasnya saat ini baru bisa diisi oleh sekitar 1.700 ASN. Tower 1 kurang lebih 800, tower 2 kurang lebih 600, dan tower 3 kurang lebih 200.

Kantor Kemensetneg akan difungsionalkan bersama dengan gedung-gedung Kemenko untuk upacara HUT RI ke-79 nanti. Nantinya, ada holding room untuk tamu-tamu VIP di beberapa lantai gedung yang difungsionalkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas