Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kolaborasi Sektor Swasta Tingkatkan Akses Pendanaan Bagi Pelaku UMKM

Pendanaan modal kerja adalah jenis pendanaan bagi pelaku bisnis baik itu supplier maupun produsen untuk menjalankan usahanya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kolaborasi Sektor Swasta Tingkatkan Akses Pendanaan Bagi Pelaku UMKM
KONTAN/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi. Pendanaan modal kerja adalah jenis pendanaan bagi pelaku bisnis baik itu supplier maupun produsen untuk menjalankan usahanya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fintech PT Mekar Investama Teknologi menggandeng PT Ciptadana Multifinance di bawah Grup Lippo kerja sama pendanaan modal kerja kepada pelaku UMKM melalui skema Pendanaan Anjak Piutang.

Direktur Utama PT Mekar Investama Teknologi Pandu Aditya K. mengatakan Mekar 2.0 memperluas segmen pendanaan kepada pelaku UMKM.




Pendanaan modal kerja adalah jenis pendanaan bagi pelaku bisnis baik itu supplier maupun produsen untuk menjalankan usahanya.

Baca juga: Tantangan Koperasi dan UMKM Memasuki Revolusi Industri 5.0, Ini Komitmen PDIP

Dana yang diterima ini nantinya digunakan untuk membayar biaya produksi maupun transaksi perdagangan.

Pandu menyebut pihaknya banyak didukung oleh Sampoerna Group dan beberapa lembaga jasa keuangan untuk pendanaan terhadap pelaku usaha mikro dan ultra mikro.

Kerja sama eksisting ini terus berjalan baik dan akan terus ditingkatkan.

BERITA TERKAIT

“Kemudian untuk memperluas segmen pendanaan UMKM kepada pelaku usaha kecil, Mekar kini menambah partnership dengan lender konglomerasi maupun lembaga jasa keuangan untuk peningkatan likuiditas pendanaan,” katanya usai penandatangan kerjasama dengan PT Ciptadana Multifinance di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Menurut Pandu, hal tersebut sangat diperlukan agar likuiditas benar-benar turun ke sektor riil untuk mendorong perekonomian, khususnya di tengah kondisi yang menantang saat ini dan sulitnya akses likuiditas bagi pelaku UMKM.

Sedangkan Ciptadana akan berperan sebagai pemberi pinjaman institusi dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dengan memberikan alternatif pendanaan selain dari perbankan kepada UMKM.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas