Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pasar Sedang Tumbuh, Pengusaha Taiwan Cari Partner Lokal Kembangkan Bisnis Kecantikan

Pasar Indonesia memiliki potensi besar, terutama dalam industri kecantikan dan kesehatan yang terus berkembang pesat

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pasar Sedang Tumbuh, Pengusaha Taiwan Cari Partner Lokal Kembangkan Bisnis Kecantikan
HO
Berdasarkan data statistik, pasar produk perawatan dan kecantikan di Indonesia tumbuh dengan rata-rata tahunan sebesar 11,9 persen dari tahun 2020 hingga 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisnis kecantikan dan kesehatan di Indonesia tumbuh pesat didukung oleh bonus demografi yang tinggi.

Berdasarkan data statistik, pasar produk perawatan dan kecantikan di Indonesia tumbuh dengan rata-rata tahunan sebesar 11,9 persen dari tahun 2020 hingga 2023.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara tercepat pertumbuhannya di kawasan Asia Tenggara. Diperkirakan, pasar produk perawatan dan kecantikan di Indonesia akan terus tumbuh dengan rata-rata tahunan sebesar 5,81 persen hingga tahun 2027.




Tren tersebut menarik perhatian para pebisnis Taiwan. Mereka mencari partner pengusaha lokal di Indonesia untuk mengembangkan bisnis kecantikan dan kesehatan.

Baca juga: Jubir Kemenperin Tegaskan Rapat di Istana Bahas Industri Kesehatan, Bukan Soal Bea Masuk

Pada 16 Juli 2024 nanti sebanyak 10 perusahaan besar asal Taiwan akan datang ke Indonesia dan akan berpartisipasi di kegiatan "2024 Taiwan Beauty and Healthcare Trade Meeting to Indonesia" yang diselenggarakan di Jakarta oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan The International Trade Administration (TITA).

Menurut Direktur Taiwan Trade Center Jakarta, Ms. Amy Hsiao, kegiatan yang akan berlangsung di Central Park, Jakarta, ini diharapkan bisa membuka peluang bisnis di bidang kecantikan dan kesehatan di pasar Indonesia.

"Sejumlah perusahaan Taiwan akan menawarkan kesempatan bagi para pelaku bisnis lokal untuk bertemu langsung dan berdiskusi one-on-one guna mengeksplorasi peluang kerjasama dan memperluas pasar produk kecantikan dan kesehatan di Indonesia," ujarnya dikutip Jumat, 12 Juli 2024.

BERITA TERKAIT

Para pebisnis Taiwan diperkirakan akan membawa beragam produk unggulan dari industri kecantikan medis dan kesehatan, termasuk produk supplemen kesehatan.

Produk lainnya yang akan diperkenalkan ke pasar Indonesia adalah bahan baku produsen kesehatan dan produsen OEM, perusahaan bioteknologi yang mengembangkan produk kecantikan medis, serta penyedia layanan pemeriksaan kesehatan dan kecantikan tingkat tinggi dan masih banyak lagi.

Produk-produk ini dijamin dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan produk inovatif, berkualitas tinggi, dan dengan nilai yang baik.

Ms. Amy Hsiao bilang, pihaknya sangat bersemangat untuk menghadirkan produk-produk terbaik dari Taiwan ke pasar Indonesia.

Menurut dia, pasar Indonesia memiliki potensi besar, terutama dalam industri kecantikan dan kesehatan yang terus berkembang pesat.

"Melalui acara ini, kami berharap dapat membangun hubungan bisnis yang erat dan saling menguntungkan antara perusahaan Taiwan dan pelaku bisnis lokal di Indonesia," kata Ms. Amy Hsiao.

Dia mengklaim perusahaan Taiwan yang berpartisipasi di acara ini pun telah memiliki pengalaman dalam berbagai kegiatan promosi yang diselenggarakan TAITRA, seperti Southeast Asia Market Expansion Delegation dan Taiwan Expo di Indonesia.

"Mereka sangat tertarik dengan pasar ASEAN dan memiliki ambisi besar untuk memperluas bisnis mereka di Indonesia," ujarnya.

"Para pelaku bisnis Indonesia yang tertarik untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Taiwan diundang untuk mendaftar dan berpartisipasi dalam acara ini, guna menciptakan peluang bisnis bersama," lanjutnya.

"Kami berharap para pelaku bisnis Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melihat langsung keunggulan produk-produk Taiwan dan menjalin kemitraan strategis yang dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak," ujar Ms. Amy Hsiao.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas