Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cuma Ada 1 Hotel di IKN, Tamu Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 Akan Nginap di Tempat Ini

Di kawasan IKN baru beroperasi satu hotel saja, yakni Hotel Nusantara yang pembangunannya ditargetkan rampung pada akhir Juli atau awal Agustus 2024.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cuma Ada 1 Hotel di IKN, Tamu Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 Akan Nginap di Tempat Ini
Tribunnews/Endrapta
Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur diperkirakan belum bisa mengakomodir kebutuhan penginapan untuk para tamu dari luar kota di upacara HUT kemerdekaan RI ke-79 yang akan diselenggarakan 17 Agustus 2024.

Ini karena di kawasan IKN baru beroperasi satu hotel saja, yakni Hotel Nusantara yang pembangunannya ditargetkan baru rampung pada akhir Juli atau awal Agustus 2024.




Hotel ini memiliki kapasitas kurang lebih 190 kamar.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja mencontohkan, di antaranya ada Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) dan rumah susun (rusun) ASN.

"Sudah disiapkan semua ini. Ada HPK, ada rusun-rusun ASN. Kalau ada yang penunjang-penunjang masih di sekitar Sepaku," katanya ketika ditemui di kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2024).

Selain itu, Endra mengatakan sebagian kantor pemerintahan di situ juga akan dimanfaatkan. "Sebagian dari kantor kan bisa kita pakai. Saya kira kita optimalkan dari yang ada," ujar Endra.

BERITA TERKAIT

Kementerian PUPR telah menyiapkan 8 rusun ASN dan 4 rusun untuk pihak Pertahanan dan Keamanan (Hankam) saat perayaan HUT RI ke-79.

Adapun per 4 Juli, progres pembangunan rusun ASN 1 sudah mencapai 61,50 persen, rusun ASN 2 sudah 45,48 persen, dan rusun ASN 3 57,90 persen.

Baca juga: Jokowi Gagal Pindah ke IKN Karena Air dan Listrik Belum Siap, Ini Penjelasan Kementerian PUPR

Kemudian, ada empat kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) yang juga sedang dibangun. Progresnya per 4 Juli untuk gedung Kemenko 1 sudah 78,90 persen, Kemenko 2 38,28 persen, Kemenko 3 85,88 persen, dan Kemenko 4 88,22 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas