Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Foto-foto Lapangan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Para Pejabat Jokowi Saling Kebut Pekerjaan

Pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persiapan Upacara HUT ke-29 RI di IKN.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Foto-foto Lapangan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Para Pejabat Jokowi Saling Kebut Pekerjaan
AFP/YASUYOSHI CHIBA
Foto ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini dijadwalkan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara pada 17 Agustus, 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Namun, sekitar satu bulan dari upacara yang akan digelar pada 17 Agustus 2024, proses pembangunan lapangan upacara dan pendukungnya belum juga rampung.

Kondisi ini membuat sejumlah pejabat yang bertanggungjawab mengebut pekerjaannya masing-masing.

Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni mengatakan, pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persiapan Upacara Kemerdekaan dengan baik.

Baca juga: Perguruan Tinggi di Balikpapan Cari Solusi Kebutuhan Air Bersih di IKN Lewat The 4th ICSINTESA

"Tahap finalisasi pembangunan gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN tengah dilakukan untuk memastikan infrastruktur siap digunakan,” ujar Raja Juli dikutip Tribun dari Website OIKN, Senin (15/7/2024).

Dengan realisasi pembangunan lapangan upacara yang baik tersebut, Raja Juli optimis Upacara HUT Kemerdekaan RI di Nusantara yang merupakan momen bersejarah dapat terlaksana dengan lancar.

“Kami optimis proyek ini dapat siap dan dengan kualitas yang baik,” tutur Raja Juli Antoni.

BERITA TERKAIT

Dalam memastikan kesiapan pelaksanaan upacara, Panitia Nasional HUT RI Ke-79 langsung terbang ke IKN untuk meninjau lokasi acara.

Ketua Panitia Nasional Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyampaikan, dengan melihat secara langsung kesiapan fisik di lapangan, ada beberapa hal yang memang butuh percepatan.

"Tapi secara umum persiapan 17-an terkait dengan sarana prasarana cukup memadai," ucapnya.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menambahkan, Kemensekneg optimis akan ada capaian yang cukup berarti, sehingga ketika nanti melaksanakan peringatan kemerdekaan di Nusantara, semua sudah siap digunakan.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya menyampaikan, persiapan yang komprehensif dan kolaboratif dengan berbagai instansi terkait yang telah berjalan dengan baik selama ini akan mendukung tahapan penyelesaian infrastruktur terkait HUT RI di Nusantara.

"Kami optimis bahwa penyelenggaraan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN akan berlangsung dengan khidmat, baik dan berjalan lancar," ucap Achmad.

Berikut foto-foto kondisi lapangan ucapara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada saat ini:

lapangan ikn 676
Lapangan yang dipersiapkan untuk upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.
lapangan ikn 75490
Terlihat ada tiang bendera dan Istana Presiden. Pemerintah terus mengebut pembangunan lapangan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.
lapangan ikn 8002002
Lokasi upacara HUT ke-79 RI di IKN. OIKN optimis bahwa penyelenggaraan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN akan berlangsung dengan khidmat, baik dan berjalan lancar
Pemandangan dari udara ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru (tengah) di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini rencananya akan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara ini. center pada 17 Agustus 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by STRINGER / AFP)
Pemandangan dari udara ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru (tengah) di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini rencananya akan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara ini. center pada 17 Agustus 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by STRINGER / AFP) (AFP/STRINGER)
Foto ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini dijadwalkan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara pada 17 Agustus, 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP)
Foto ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini dijadwalkan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara pada 17 Agustus, 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP) (AFP/YASUYOSHI CHIBA)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau finalisasi berbagai fasilitas yang dibangun dan disiapkan BUMN di IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (29/6/2024).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau finalisasi berbagai fasilitas yang dibangun dan disiapkan BUMN di IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (29/6/2024). (Istimewa)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas