Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Teknologi IoT Topang Efisiensi di Bisnis Pengiriman Barang

teknologi IoT mampu membantu bisnis logistik PT Tanto Intim Line mengirimkan barang dengan kecepatan dan ketepatan mumpuni.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Teknologi IoT Topang Efisiensi di Bisnis Pengiriman Barang
dok. sakopm
Teknologi Internet of Things (IoT) terus berkembang dan mempermudah para pelaku bisnis dalam meningkatkan skala usahanya. Teknologi ini terbukti mampu membantu bisnis logistik PT Tanto Intim Line (Intim) mengirimkan barang dengan kecepatan dan ketepatan mumpuni. 

TRIBUNNEWS.COM - Teknologi Internet of Things (IoT) terus berkembang dan mempermudah para pelaku bisnis dalam meningkatkan skala usahanya.

Teknologi ini terbukti mampu membantu bisnis logistik PT Tanto Intim Line (Intim) mengirimkan barang dengan kecepatan dan ketepatan mumpuni.

IT Director PT Tanto Intim Line, Agung Prayitno mengatakan, Diantaranya dengan meningkatkan keamanan pengiriman barang melalui IoT tracking container yang disediakan sebagai value added untuk pelanggan Intim.




Perusahaan tersebut memilih dukungan infrastruktur Telkom. Semua proses monitoring kontainer tersebut, dilayani oleh Antares Tracking dari Indibiz Ekspedisi dilengkapi dengan GPS tracker, fitur bluetooth gateway dan dashboard yang bisa dipantau dengan mudah dan akurat.

Perusahaan ekspedisi pelayaran (forwarding) yang juga memiliki lebih dari 50 kapal peti kemas ini, telah menjalin kerjasama dengan Telkom.

“Sebelumnya kami sudah memberikan layanan pelacakan sendiri, tetapi kerap dihadapi kendala seperti blank spot signal sehingga potensi kehilangan muatan cukup besar yang disebabkan oleh sistem pelacakan kurang kompeten. Potensi kehilangan muatan ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap penurunan kepercayaan konsumen kepada perusahaan,” jelas Agung Prayitno.

Agung melanjutkan, sudah menjadi tanggung jawab bagi PT Tanto Intim Line untuk memastikan kargo kontainer berada pada jalur yang tepat.

BERITA TERKAIT

Implementasi solusi IoT Tracking Container dari Indibiz Ekspedisi ini, diharapkan dapat mengefisiensikan beban operasi perusahaan, mengoptimalkan pelacakan kontainer secara real time, dan meminimalisir fraud serta menekan potensi perusahaan kehilangan muatan.

"Kami sangat senang akhirnya pekerjaan yang tertunda ini bisa terealisasi bersama Indibiz Ekspedisi. Kerja sama dengan Telkom selalu berjalan dengan baik, dan harapannya kerja sama antara kami dan Telkom bisa terus berlanjut," kata Agung.

Baca juga: Telkom Siap Dukung Optimalisasi Pemanfaatan Energi Sektor Manufaktur melalui IoT

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menambahkan, kehadiran Indibiz Ekspedisi semakin memperkuat posisi Indibiz sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom khususnya pelaku UKM di daerah di Indonesia.

Baca juga: Perusahaan Ini Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan dan IoT untuk Kebutuhan Air Panas di IKN

“Kekuatan rantai pasok barang itu ada pada jaringan distribusi termasuk perpindahan kontainer dari satu kota ke kota lain Indonesia. Kami optimis, jika pelaku UKM di daerah memanfaatkan solusi digital dari Indibiz Ekspedisi ini, akan semakin meringankan pekerjaan rumah urusan logistik di Indonesia,” jelas Reni.

Semakin banyak pelaku UKM di Indonesia menggunakan solusi digital dari Indibiz Ekspedisi ini, maka peluang digitalisasi bisnis semakin tercipta lebar dan harapan memajukan perekonomian Indonesia dengan kekuatan rantai pasoknya dapat terwujud.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas