Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dibawa ke IKN, Satu Rangkaian Trem Otonom Tiba di Balikpapan

Rangkaian tersebut adalah Trem Otonom Norinco (CRRC Zuzhou) dan tiba di Balikpapan, pada 26 Juli 2024.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Dibawa ke IKN, Satu Rangkaian Trem Otonom Tiba di Balikpapan
handout
Trem Otonom Norinco (CRRC Zuzhou) tiba di Balikpapan, pada 26 Juli 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu rangkaian trainset Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom telah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang selanjutnya akan dibawa ke Ibu Kota Negara (IKN) untuk dioperasikan di sana.

Rangkaian tersebut adalah Trem Otonom Norinco (CRRC Zuzhou) dan tiba di Balikpapan, pada 26 Juli 2024. Satu rangkaian lainnya adalah Trem Otonom CRRC Qingdao Sifang baru akan tiba di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, pada 31 Juli 2024.

"Hari ini kita melihat trem otonom yang sudah sampai di Balikpapan dan ini adalah trem otonom yang akan dipakai di IKN. Trem otonom ini dijadwalkan akan masuk ke IKN pada 1 Agustus 2024. Ini dilakukan setelah proses percepatan kepabeanan selesai," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Selasa (30/7/2024).

Menhub Budi menjelaskan, trem otonom akan diujicoba secara internal setelah sampai di IKN pada awal Agustus. Kemudian, dilanjutkan dengan uji coba bersama Presiden Joko Widodo pada 5 Agustus 2024.

Selain itu, Menhub Budi bilang bahwa akan ada pelaksanaan showcase alias unjuk kerja yang dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

"Saya berharap semua proses ini dapat berjalan sesuai rencana. Dengan begitu, trem otonom sudah bisa beroperasi di IKN pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti, sesuai arahan Presiden," terang Menhub.

BERITA TERKAIT

Operasional trem otonom di IKN tahap awal akan berfungsi sebagai kendaraan pengumpan (feeder) bagi peserta upacara Hari Kemerdekaan RI.

Moda transportasi ini akan beroperasi di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur IKN dengan kecepatan jelajah 40 km/jam.

Baca juga: Kemenhub Kaji Operasional Trem di Ibu Kota Nusantara

"Semoga trem otonom ini bisa menjadi salah satu ikon transportasi cerdas di kawasan IKN," ujarnya.

Trem otonom ke depan akan diaplikasikan di kota-kota lain di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, hingga Medan.

Satu trainset trem otonom yang akan beroperasi di IKN memiliki tiga gerbong (cars) berkapasitas maksimal 302 penumpang. Trem otonom ini akan beroperasi searah jarum jam, dengan headway sekitar 5 menit.

Baca juga: Menhub: Trem Otonom Bakal Tiba di IKN Akhir Juli 2024

"Kementerian PUPR akan segera membangun halte untuk menunjang operasional trem otonom. Halte yang akan dibangun ini tak hanya berguna sebagai tempat menaik-turunkan penumpang, tapi juga akan berfungsi sebagai tempat melakukan charging," paparnya.

Trem otonom atau ART merupakan lompatan penggunaan teknologi baru dalam dunia transportasi di Indonesia, yakni kereta tanpa rel.

Trem otonom dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet, sehingga kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi.

#
Caption: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau satu rangkaian trainset Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom yang telah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dok BKIP

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas