Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tap Insure Gandeng WSI Kerjasama Perpanjangan Garansi Kendaraan, Pemilik Mobil Bebas Cemas

Industri asuransi melihat celah pasar yang masih terbuka luas di bisnis asuransi kendaraan. Salah satu yang digarap adalah bisnis perpanjangan garansi

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tap Insure Gandeng WSI Kerjasama Perpanjangan Garansi Kendaraan, Pemilik Mobil Bebas Cemas
Choirul Arifin/Tribunnews.com
Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama penyediaan perpanjangan garansi kendaraan antara PT Wahana Sejahtera Indonesia atau Warranty Solution International (WSI) dengan Tap Insure di Jakarta, Senin, 5 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri asuransi melihat celah pasar yang masih terbuka luas di bisnis asuransi kendaraan. Salah satu yang digarap adalah bisnis perpanjangan garansi kendaraan untuk pemilik mobil.

Tap Insure bersama perusahaan penyedia layanan garansi mobil PT Wahana Sejahtera Indonesia atau Warranty Solution International (WSI) sepakat menjalin kerjasama di bisnis perpanjangan garansi kendaraan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Jakarta, Senin, 5 Agustus 2024.

Kemitraan ini akan memperkenalkan produk Asuransi Extended Warranty dan Produk Garansi Mesin Mobil, serta memperluas akses produk tersebut kepada masyarakat luas.

Baca juga: OJK Catat Nilai Aset Industri Asuransi di Indonesia Tembus Rp1.210 Triliun

Kemitraan ini memungkinkan pemilik kendaraan memperpanjang cakupan garansi hingga 5 tahun di luar masa garansi pabrik, dengan harga yang terjangkau mulai dari dua juta rupiah per tahun.

Selanjutnya, pemilik kendaraan bisa terlindungi dari risiko biaya tak terduga yang mungkin timbul selama pemakaian normal pada kendaraanya seperti kerusakan mekanikal dan elektrikal.

Manfaat yang ditawarkan terbilang komprehensif, mencakup penggantian mobil sementara, bantuan darurat di jalan (jasa derek, jumper aki, penggantian ban), dan layanan konsumen 24 jam.

"Asuransi extended warranty ini memberikan perlindungan mulai mesin hingga sistem elektronik. Kelebihan asuransi ini, proses klaim cepat, jaminan kualitas hingga kendaraan seperti baru dan kerjasama ini mencakup semua merek mobil dan semua jenis mobil," ungkap Direktur WSI, Wan Muhammad Rafie.

BERITA TERKAIT

Luca Saurwein, Chief Distribution Officer Tap Insure menambahkan, karakteristik kendaraan bermotor yang cenderung digunakan dalam jangka waktu panjang, serta harga kendaraan yang relatif tinggi, menjadikan garansi tambahan terhadap produk otomotif menjadi sangat penting.

"Dengan solusi perlindungan kendaraan yang tepat guna ini diharapkan bisa memberikan peace of mind bagi para pemilik kendaraan," ujarnya.

Baca juga: Menteri Airlangga: Pemerintah Belum Bahas Wacana Kendaraan Bermotor Wajib Punya Asuransi

Melalui layanan perpanjangan garansi, pemegang polis juga dapat memanfaatkan proses permohonan layanan perbaikan atau penggantian kendaraan serta suku cadang melalui online.

Manfaat lainnya, biaya layanan atau ongkos kerja yang gratis serta suku cadang pengganti yang dijamin keasliannya.

Dia menambahkan, di industri otomotif masih banyak potensi asuransi kendaraan yang bisa digarap karena kesadaran masyarakat akan pentingnya produk/solusi perlindungan perpanjangan garansi masih rendah di Indonesia.

"Kami berharap dapat terus mengedukasi masyarakat serta meningkatkan kesadaran akan asuransi, menjadikan asuransi Extended Warranty sebagai kebutuhan berkendara yang penting mengingat potensi risiko yang selalu ada,” ujarnya.

Wan Muhammad Rafie mengatakan, keahlian mendalam WSI di layanan garansi kendaraan selama lebih dari satu dekade dengan didukung jaringan luas Tap Insure di industri asuransi akan dapat menjawab tantangan pasar yang dinamis dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pemilik kendaraan.

Dia menjelaskan, layanan perbaikan kendaraan di perpanjangan garansi ini didukung 2.500 bengkel rekanan WSI di seluruh Indonesia, dan pemilik kendaraan akan mendapatkan tambahan garansi untuk periode tertentu
sesuai dengan jenis suku cadang yang diperbaiki.

"Asuransi Extended Warranty memberikan perpanjangan perlindungan mulai dari tanggal berakhirnya garansi dasar pabrikan, dan memastikan kesesuaian periode jangka waktu dan kilometer," jelas Wan Muhammad Rafie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas