Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BCA Groundbreaking Showcase Produk Ekspor di IKN Pada 12 Agustus

Bank Central Asia akan melakukan peletakan batu pertama gedung showcase produk ekspor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus 2024.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in BCA Groundbreaking Showcase Produk Ekspor di IKN Pada 12 Agustus
Tribunnews/Endrapta
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di acara Opening Ceremony UMKM Fest 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (7/8/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Central Asia akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) gedung showcase produk ekspor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus 2024.

Hal itu diungkap langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. Ia mengatakan, tanggal groundbreaking ini telah berganti hingga tujuh kali.

"Mudah-mudahan tanggal 12 groundbreaking BCA di IKN. Ini sudah ketujuh kali berubah tanggal," katanya dalam Opening Ceremony UMKM Fest 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024).

Ia mengatakan, pihaknya harus menyesuaikan dengan Otorita IKN hingga akhirnya perubahan tanggal terjadi sampai tujuh kali.

Groundbreaking awalnya dijadwalkan pada beberapa tanggal di bulan Juli, lalu mundur lagi ke 5 Agustus, dan mundur ke 11 Agustus. "Terus tanggal 12 [Agustus]. Mudah-mudahan kita doakan bersama, ini bisa berhasil," ujar Jahja.

Dia mengatakan BCA ingin membangun sebuah showroom atau showcase yang menampilkan produk-produk UMKM agar bisa diekspor.

BERITA TERKAIT

"Kita berpikir kalau kita punya suatu showroom, platform untuk ekspor, nanti kita buatkan itu secara bergantian kita undang para UMKM dan kita matching dengan kita punya alliance bank," ucap Jahja.

"Alliance bank itu itu ada dari berbagai negara. Ada Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang. Korea bukan Kpop, ini benar-benar bank Korea [seperti] Hana Bank, Woori Bank, dan lain-lain. Itu alliance bank," jelasnya.

Baca juga: Warna Istana Garuda IKN yang Disebut Mirip Kelelawar akan Menghijau seperti GWK Bali

Dari situ, ia berharap para alliance bank itu dapat mempromosikan produk UMKM RI kepada para nasabah mereka.

"Kalau matching berhasil, mudah-mudahan ini salah satu insiatif mendorong ekspor kita, karena memeang untuk IKN kita perlu memperkenalkan promo itu juga mengundang dari luar. Mudah-mudahan ini bisa berhasil," pungkas Jahja.

Ditemui usai acara, Jahja masih enggan membocorkan nilai investasi dari groundbreaking ini.

Baca juga: Harga Rental Mobil ke IKN Melonjak Ugal-ugalan, Alphard Tembus Rp 25 Per Hari, HiAce Rp 15 Juta

Sebelumnya, OIKN mengungkap ada empat perusahaan yang terkonfirmasi akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) di IKN.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala OIKN yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUR), Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa rencananya groundbreaking ketujuh akan dilakukan pada pertengahan Agustus saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada di IKN.

"Nanti pada saat Pak Presiden ke sana rencananya (tanggal) 11 sampai 14, di antara itu beliau berkenan untuk groundbreaking," kata Basuki kepada wartawan di Jakarta, dikutip Sabtu (3/8/2024).

Dalam kesempatan sama, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, ada lima perusahaan yang akan melakukan groundbreaking.

Namun, baru empat yang terkonfirmasi, yaitu BCA, Swiss Bell, Royal Golden Eagle milik Sukanto Tanoto, dan Intiland.

Ketika ditanya nilai investasi dari groundbreaking ketujuh ini, Agung masih belum bisa mengungkapnya. Kata dia, lebih baik ketika sudah mendekati waktunya saja.

"Nanti kita omongin. Biasanya kalau sudah dekat, final dokumennya, itu (baru diumumkan) angkanya berapa," ujar Agung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas