Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Damping UMKM Awards 2024 Tantang Wirausaha Mikro Kecil Tampilkan Produk Unggulan

Program pendampingan dapat membantu para pelaku usaha mikro meningkat menjadi pelaku usaha kecil dan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Damping UMKM Awards 2024 Tantang Wirausaha Mikro Kecil Tampilkan Produk Unggulan
HO
UMKM peserta program Damping UMKM Awards 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebagai pilar penting pembangunan, UMKM berkontribusi besar bagi perekonomian bangsa.

Sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61 persen atau senilai Rp9.580 triliun.

Sementara kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97 persen dari total tenaga kerja.

Baca juga: Menkop Teten Masduki Berharap Prabowo-Gibran Libatkan UMKM untuk Program Makan Bergizi Gratis

Bank Dunia pada 2023 memproyeksikan, dalam tiga tahun ke depan, ekonomi Indonesia tumbuh lebih dari 0,1 persen setiap tahunnya, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia akan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034.

Mendukung pengembangan skala bisnis UMKM di Indonesia, Danone Indonesia dan Kampus Bisnis Umar Usman dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Damping UMKM Awards 2024.

Ini merupakan ajang penghargaan ini bertujuan untuk menjaring dan mengapresiasi pelaku UMKM terbaik dari seluruh negeri yang telah berkreasi, berinovasi serta memperkenalkan produk-produk unggulan mereka.

BERITA TERKAIT

Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus dan mengangkat tema “UMKM Berprestasi, Ciptakan Kolaborasi".

Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Ir. Arif Rahman Hakim, M.Si di acara Damping Awards 2024 mengatakan, program Damping Awards 2024 memberikan motivasi bagi para pelaku UMKM untuk terus bertumbuh.

"Kami berharap, para pelaku UMKM yang telah bertumbuh tidak berhenti bertumbuh sendiri, melainkan juga berkenan untuk sharing dan melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM lainnya, karena berdasarkan data kami UMKM yang didampingi ini lebih punya peluang berhasil daripada yang tidak didamping," ujarnya dikutip Rabu, 7 Agustus 2024.

Pihaknya berharap, program pendampingan dapat membantu para pelaku usaha mikro meningkat menjadi pelaku usaha kecil dan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan Indonesia Emas.

Menurut Rachmat Hidayat, Government & External Scientific Affairs Director, Danone Indonesia, program Damping adalah wujud komitmen perusagaannya dalam mendukung UMKM lokal untuk berinovasi dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan memberikan akses ke sumber daya dan pengetahuan yang dimiliki.

Daftar UMKM pemenang penghargaan di program Damping UMKM Awards 2024:

1. UMKM Berdampak Positif Kategori Kuliner: Lapak Cindo
2. UMKM Berdampak Positif Kategori Non Kuliner: Kampoeng Anyaman
3. UMKM Terinovatif: Bosteak
4. UMKM Inkubator Terbaik: Legend Tren
5. Wirausaha Muda Inspiratif: Kalapa Klopo

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas