Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lewat Workshop, Petani dan Masyarakat di Jambi Belajar Manfaatkan Potensi Sawit

Menurutnya, banyak bagian tanaman kelapa sawit yang bisa dimanfaatkan menjadi produk yang punya nilai lebih seperti olahan makanan, fashion, dan produ

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Lewat Workshop, Petani dan Masyarakat di Jambi Belajar Manfaatkan Potensi Sawit
Istimewa
Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar workshop UMKM sawit dengan tajuk “Pengembangan Usaha Koperasi Berbasis Kelapa Sawit” di Kota Jambi pada 8-9 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar workshop UMKM sawit dengan tajuk “Pengembangan Usaha Koperasi Berbasis Kelapa Sawit” di Kota Jambi pada 8-9 Agustus 2024.

Ketua Umum SPKS, Sabarudin mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan potensi hilirisasi kelapa sawit melalui Koperasi-koperasi petani dan UMKM.

"Petani sawit dan masyarakat di sekitar kebun sawit memiliki sumber daya melimpah untuk mengembangkan produk UMKM yang berbahan dasar dari kelapa sawit," kata Sabarudin dalam keterangannya pada Sabtu (10/8/2024).

Menurutnya, banyak bagian tanaman kelapa sawit yang bisa dimanfaatkan menjadi produk yang punya nilai lebih seperti olahan makanan, fashion, dan produk rumah tangga seperti sabun mandi, sabun cuci dan lain sebagainya.

"Oleh karena itu, melalui workshop UMKM Sawit ini diharapkan menjadi motor untuk menggerakkan petani sawit dalam mengembangkan produk-produk UMKM berbasis sawit," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal mengatakan mayoritas lahan sawit di Jambi dikelola oleh petani, yakni ada sekitar 592.714 Ha.

"Potret ini, merupakan peluang besar petani dan masyarakat untuk memanfaatkan produk turunan sawit di luar penjualan TBS," ujarnya.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut akan Tingkatkan Dana Bantuan bagi Petani Sawit hingga Rp60 Juta

BERITA TERKAIT

Selain itu, diperlukan kemitraan dalam pengembangan usaha koperasi atau UMKM, terutama untuk memperoleh modal, seperti bermitra dengan BUMD, BUMN, Perusahaan swasta, dan lainnya. Selain memperoleh modal, kemitraan ini membuka peluang untuk akses pasar, teknologi, dan peningkatan SDM.

Kepala Divisi UKMK BPDPKS, Helmi Muhansyah mengatakan, kegiatan ini diharapkan tumbuh subur produk-produk baru berbasis kelapa sawit dari pelaku UMKM dan Koperasi di Provinsi Jambi.

"Kami terus mendukung dan mempromosikan produk-produk UMKM yang merupakan upaya menghadirkan UMKM Sawit yang berkelanjutan. BPDPKS memiliki komitmen untuk terus mendorong pengembangan ekonomi dan kesejahteraan petani sawit di seluruh Indonesia," ujarnya.

Untuk diketahui, acara tersebut diikuti peserta UMKM dari Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, dan Muara Jambi.

Acara itu menghadirkan berbagai narasumber, dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, BPDPKS yang diwakili oleh Kepala Divisi UMKM BPDPKS, Pelaku UMKM, Ketua Umum SPKS, dan Fasilitator UMKM dan BPOM di Provinsi Jambi.

Baca juga: Misteri Penyebab Kematian Mantan Bupati Jembrana dan Istrinya, Ini Kata Polisi

Peserta dari berbagai UMKM dan Koperasi memberikan apresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih kepada SPKS dan BPDPKS atas terselenggaranya acara Workshop ini, karena selain mendapat semangat dan pengetahuan baru, produk UMKM dari peserta dapat diperkenalkan dan dipromosikan sehingga membuka akses pasar baru.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas