Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bangkit dari 'Kubur', KAI Pastikan Stasiun Pondok Rajeg Kembali Beroperasi Tahun Ini

KAI melalui unit usaha PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan Stasiun Pondok Rajeg, Bogor, bakal kembali aktif untuk operasional KRL.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bangkit dari 'Kubur', KAI Pastikan Stasiun Pondok Rajeg Kembali Beroperasi Tahun Ini
Istimewa
Ilustrasi KRL 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia melalui unit usaha PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan Stasiun Pondok Rajeg, Bogor, bakal kembali aktif untuk operasional KRL.

External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengungkapkan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan stakeholder terkait.




Adapun, lanjut Leza, fasilitas di Stasiun Pondok Rajeg sudah sangat baik, dan layak dioperasikan.

Baca juga: Total Perjalanan Harian KRL Jabodetabek Tembus 1.090, Rata-rata Penumpang 870 Ribu

"Dalam waktu dekat kemungkinan dibuka itu yang di Pondok Rajeg, nah ini masih koordinasi terkait pembukaan stasiun," ucap Leza di Jakarta, Senin (13/8/2024).

"Karena dari segi fasilitas stasiun sudah ada dan sudah tinggal gong (disetujui)" sambungnya.

Leza melanjutkan, pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bogor, serta Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BERITA TERKAIT

Dirinya mengungkapkan, Stasiun Pondok Rajeg ditargetkan dapat dioperasikan pada semester II-2024.

"Targetnya yang Pondok Rajeg mungkin tahun ini, semester kedua. Nanti kan itu akan kerjasama dengan BPTJ Bogor sama Ditjen Kereta juga," pungkasnya.

Seperti dilansir Kompas, Stasiun Pondok Rajeg ini terletak di Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, dan termasuk dalam wilayah DAOP 1 Jakarta, PT KAI (Persero).

Baca juga: Rangkaian KRL Jakarta-Bogor Hanya 8 Gerbong, KCI Ungkap Alasannya

Stasiun tersebut dibangun pada awal tahun 1997 untuk melayani kereta angkutan penumpang (masih KRD 2 gerbong) dengan rute dari Stasiun Nambo langsung ke Manggarai tidak berhenti di lintas Jakarta-Bogor.

Kemudian pada tahun 2000-2006 stasiun tersebut melayani KRD 2 Gerbong, dan mulai Juli tahun 2015 KRL melewati stasiun ini, namun tidak berhenti. Adapun rute perjalanan yang melewati Stasiun Rajeg yaitu Nambo-Citayam- Manggarai-Angke

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas