Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dorong Lahirnya Wirausaha Baru, Ini Langkah Podomoro University

Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024 merupakan bagian dari program yang dikembangkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Dorong Lahirnya Wirausaha Baru, Ini Langkah Podomoro University
HO
Podomoro University, Jakarta, menjadi tuan rumah Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024 pada Kamis (15/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Podomoro University, Jakarta, menjadi tuan rumah Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024, sebuah acara tahunan yang digelar pada Kamis (15/8/2024).

Bertempat di Kampus Podomoro University, acara ini mengusung tema "Grow And Sustain," yang mencerminkan komitmen universitas dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan di bidang kewirausahaan.

Dalam penyelenggaraan ini, Podomoro University berkolaborasi dengan beberapa universitas, yaitu Binus University, Universitas Mercu Buana, Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan UPN Veteran Jakarta.

Baca juga: Program Wirausaha Merdeka 2024 Resmi Dibuka, Ketahui Syarat dan Cara Daftarnya

Juga Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Indonesia (UI), Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI.

Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024 merupakan bagian dari program yang dikembangkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk mendorong lahirnya jiwa kewirausahaan di Indonesia, salah satunya di Perguruan Tinggi.

Acara ini dirancang untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang inklusif, dinamis, dan berdaya saing.

Melalui rangkaian sesi interaktif dan kolaboratif, acara ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para peserta dalam mengembangkan potensi kewirausahaan mereka.

BERITA TERKAIT

Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024 diadakan dalam empat sesi. Dimulai dengan sesi Inspirasi dengan narasumber Eka Putra Suhandojo dari Deorex dan Wiliam Sutanto, CEO Janji Jiwa Group.

Sesi kedua adalah Legal Aspect of Business yang menghadirkan Riyo Hanggoro.

Sesi ketiga membahas pentingnya layanan terbaik kepada pelanggan oleh Cahyadi Pakeh.

Kemudian sesi terakhir di sore hari peserta mendapatkan bimbingan langsung dari mentor-mentor ahli di berbagai bidang kewirausahaan yang terdiri dari unsur akademisi dan praktisi wirausaha, Komunitas Tangan Diatas (TDA).

Sesi ini akan membantu pelaku usaha mengatasi tantangan dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih efektif.

Acara ini pertama kali digelar di Indonesia, di mana hadir para perwakilan lebih dari 10 Perguruan Tinggi bersama dengan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM yang sama-sama bergotong-royong untuk membangun kewirausahaan khususnya di Jakarta.

"Target rasio wirausaha Indonesia 8 persen di tahun 2045 tidak bisa tercapai tanpa kolaborasi antar-pemangku kepentingan, terutama kampus. Sudah saatnya kita buktikan bahwa kampus adalah tempat lahirnya wirausaha”, ujar Wisnu Dewobroto, Tenaga Ahli Deputi Kewirausahaan sekaligus Dekan Fakultas Kewirausahaan dan Bisnis Podomoro University di Jakarta, Kamis (14/8/2024).

Ia berharap acara ini juga menginspirasi pelaku usaha dengan konsep-konsep kewirausahaan inovatif, yang fokus pada penggunaan teknologi dan riset untuk menciptakan bisnis berkelanjutan.

"Dengan demikian akan lahir produk-produk unggulan yang akan menjadi contoh inovasi dari kampus-kampus di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024 ini juga akan menjadi praktik baik untuk membangun sinergi antara akademisi dan praktisi bisnis dalam mendukung pengembangan ekosistem kewirausahaan yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia," jelas Wisnu.

Acara ini juga dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Ir Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Irwansyah Putra, Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan UKM, Rektor Podomoro University Bacelius Ruru, serta perwakilan pimpinan dari Perguruan Tinggi dan komunitas sebagai kolaborator.

Dengan penyelenggaraan Entrepreneur Hub Jakarta Raya 2024, kata Wisnu, Podomoro University bersama Perguruan Tinggi mitra mempertegas komitmennya dalam mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan berbasis inovasi, pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan riset di kalangan generasi muda Indonesia.

"Langkah ini merupakan upaya strategis untuk memperkuat ekosistem kewirausahaan Indonesia agar mampu bersaing di tingkat global," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas