Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gaet 52 Ribu Pengunjung, Pameran KriyaNusa 2024 Bukukan Total Transaksi Rp20 Miliar

Pameran yang digagas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini juga berhasil mencatatkan total transaksi lebih dari Rp20 miliar.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gaet 52 Ribu Pengunjung, Pameran KriyaNusa 2024 Bukukan Total Transaksi Rp20 Miliar
istimewa
Pameran Kerajinan Nusantara KriyaNusa 2024 berhasil menggaet sedikitnya 52.800 pengunjung, selama berlangsung pada 28 Agustus 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran Kerajinan Nusantara KriyaNusa 2024 berhasil menggaet sedikitnya 52.800 pengunjung, selama berlangsung pada 28 Agustus sampai 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Pameran yang digagas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini juga berhasil mencatatkan total transaksi lebih dari Rp20 miliar.




Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Panitia KriyaNusa 2024, Liza Erick Thohir saat melakukan penutupan pameran tersebut, pada Minggu (1/9/2024).

Baca juga: Pameran Kriyanusa 2024: Ajang bagi Perajin Muda Lestarikan Wastra dan Budaya Indonesia

"Berdasarkan data hingga siang hari ini pukul 12.00 WIB, dapat informasi jumlah pengunjung adalah sebanyak 52.800 orang. Dengan nilai transaksi mencapai Rp20,201 miliar," ungkap Liza.

Sebagai informasi, Pameran Kriyanusa 2024 merupakan salah satu upaya Dekranas dalam mengembangkan kapasitas pelaku usaha kriya.

Upaya itu mencakup mendorong penciptaan, pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Pameran Kriyanusa 2024 yang dibuka langsung oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin ini mengusung tema Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya, dengan ikon pameran Provinsi Kalimantan Timur.

Pameran Kriyanusa juga dimeriahkan dengan pameran produk kriya, workshop, fashion show, talkshow, pentas seni, dan tarian dari berbagai daerah, serta pertunjukan musik dari sejumlah artis nasional.

"Kami menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya pameran Kriyanusa 2024. Kepada seluruh panitia, kepada para sponsor pameran," ungkap Liza.

"Kami berharap pameran ini dapat bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya.

Kriyanusa Dorong Perluasan Pasar dan Kualitas Produk Kriya

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mendorong produk-produk kerajinan tangan atau kriya asli Indonesia, dapat mendunia. Tak hanya di pasar Tanah Air, namun juga ke kancah global.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024 yang digagas Dekranas di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (28/08/2024).

"Pameran Kriyanusa telah menjadi salah satu ajang yang dinantikan setiap tahunnya, baik oleh para perajin maupun masyarakat luas," ungkap Wury yang juga merupakan Istri dari Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar bagi para perajin mendorong peningkatan kualitas produk dan memperluas pasar," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa seni kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa.

Oleh karena itu, Ketum Dekranas menekankan peran generasi muda dalam upaya pewarisan budaya nasional.

"Generasi muda ini adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan perubahan zaman," tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas