Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Buku 'Think Strategy' Berbagi Kiat Mengakselerasi Bisnis UMKM

Setelah pandemi, UMKM menghadapi tantangan inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, legalitas, branding dan pemasaran serta SDM.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Buku 'Think Strategy' Berbagi Kiat Mengakselerasi Bisnis UMKM
handout
Peluncuran buku Think Strategy oleh Elex Media Komputindo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak luas pada setiap aspek kehidupan. Pada dunia usaha, banyak bisnis yang gulung tikar hingga sulit pulih setelah diterjang Covid-19.

Selain perusahaan besar, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat efek dari anjloknya ekonomi saat pandemi yang terjadi sejak 2019 lalu.




Sebagai informasi, perekonomian Indonesia didominasi oleh pelaku UMKM yang berkontribusi 61 persen terhaap Produk Domestik Bruto (PDB) atau setara Rp 9.580 triliun. UMKM juga menyerap sekitar 117 juta pekerja atau 97 persen dari total tenaga kerja.

Setelah pandemi, UMKM menghadapi tantangan inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, legalitas, branding dan pemasaran, serta sumber daya manusia.

Menyediakan solusi dari hal-hal di atas, Gramedia melalui penerbit Elex Media Komputindo, meluncurkan Buku Think Strategy.

"Buku Think Strategy berisi penjelasan mengenai konsep strategi bisnis dan memberikan wawasan bagaimana cara menerapkan strategi yang tepat, supaya bisnis bisa bertahan dan menjadi unggul di dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh persaingan yang kompetitif dan bagaimana para pelaku UMKM memiliki mindset untuk menjadi pebisnis yang tangguh di kawasan regional seperti Asia Tenggara," ungkap sang penulis buku, Nurhastuty,, Selasa (3/9/2024).

BERITA TERKAIT

Buku ini cocok untuk dibaca bagi kalangan umum, khususnya para profesional dan pelaku bisnis yang ingin agar bisnisnya bisa berkelanjutan dalam jangka panjang dan menjadi pemimpin pasar (market leader) di antara pesaingnya.

Penulis buku ini, Nurhastuty, adalah seorang akademisi dan pengajar di Universitas Trisakti. Penulis juga pendiri INSPIRE (Islamic Finance dan Board Member Institute of Halal Investing) di Oregon, AS.

Baca juga: Semester I 2024, Volume Penjaminan UMKM Jamkrindo Senilai Rp 148,36 Triliun

Nurhastuty sebelumnya telah menerbitkan dua buku..Buku pertama mengenai pengalaman sekolah di luar negeri dan buku kedua berjudul Kaya dan Berkah dengan Perencanaan Keuangan Syariah yang juga diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas