Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenhub Siapkan 847 Unit Bus untuk Transportasi PON XXI di Aceh-Sumut

Kemenhub menyiapkan 847 unit bus beserta awak pengemudi untuk mendukung kebutuhan moda transportasi selama penyelenggaraan POM XXI di Aceh dan Sumut.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kemenhub Siapkan 847 Unit Bus untuk Transportasi PON XXI di Aceh-Sumut
handout
Kementerian Perhubungan menyiapkan 847 unit bus beserta awak pengemudi untuk mendukung kebutuhan armada transportasi atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 847 unit bus beserta awak pengemudi untuk mendukung kebutuhan moda transportasi selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara.

"Kami telah siapkan 480 unit bus berukuran mikro yang akan melekat kepada atlet dan ofisial dengan sistem shuttle di Aceh," ungkap Sesditjen Perhubungan Darat, Amirulloh dalam keterangannya, Kamis (5/9/2024).




"Sedangkan untuk di Sumatera Utara dilayani oleh sebanyak 367 unit bus yang terdiri dari 274 unit bus berukuran medium dan 93 unit bus mikro," sambungnya.

Amirulloh menuturkan bus dukungan tersebut berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Dia bilang, bus-bus dari Pulau Jawa telah dikirim bertahap mulai 28 sampai 29 Agustus 2024 dari Pelabuhan Patimban Jawa Barat menuju Pelabuhan Belawan di Sumatera Utara.

"Sebelum dilakukan pengiriman, armada bus telah melalui proses rampcheck pada tanggal 27 - 29 Agustus 2024 yang bertempat di Pelabuhan Patimban dan ada juga yang dilakukan di wilayah kerja Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di wilayah Sumatera," jelasnya.

Baca juga: PON XXI Aceh-Sumut, Pelatih Optimistis Atlet Binaraga DKI Jakarta Raih Emas di Dua Kelas Ini

Seluruh armada bus tersebut beroperasi mulai tanggal 2 September hingga 20 September 2024 nanti.

BERITA TERKAIT

PON XXI akan mempertandingkan sebanyak 56 cabang olahraga yang terbagi menjadi 33 cabang olahraga diselenggarakan di Aceh dan 28 lainnya di Sumatera Utara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas