Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perbedaan Leasing dan Kredit Motor: Mana yang Menguntungkan

Apakah Anda ingin membandingkan perbedaan leasing dan kredit, serta mencari tahu mana yang lebih untung? Temukan informasinya di sini!

Editor: Content Writer
zoom-in Perbedaan Leasing dan Kredit Motor: Mana yang Menguntungkan
Ist
Ilustrasi membeli kendaraan. 

TRIBUNNEWS.COM - Saat membeli kendaraan, tak jarang pembeli akan kebingungan dalam memilih antara leasing dan kredit. Kebingungan ini sering kali muncul karena kurangnya pemahaman mengenai perbedaan leasing dan kredit, yang bahkan dapat menyebabkan keputusan finansial yang kurang tepat.

Walaupun keduanya sama-sama memudahkan pembayaran, namun terdapat perbedaan yang perlu Anda pahami agar bisa membuat pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Penasaran apa saja perbedaannya? Ketahui selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa Itu Leasing?




Leasing adalah bentuk pembiayaan di mana Anda menyewa kendaraan dalam jangka waktu tertentu dengan pembayaran bulanan. Setelah masa sewa berakhir, Anda memiliki opsi untuk membeli kendaraan tersebut atau mengembalikannya kepada penyedia leasing.

Keuntungan utama dari leasing adalah pembayaran bulanan yang lebih rendah daripada dengan kredit. Hal ini lantaran Anda hanya membayar untuk penggunaan kendaraan selama masa sewa, bukan untuk kepemilikan penuh.

Selain itu, leasing memudahkan Anda untuk mengganti kendaraan setiap beberapa tahun dan tidak perlu khawatir tentang depresiasi nilai kendaraan, karena kendaraan tersebut bukan milik Anda seutuhnya.

Dalam leasing, Anda bisa menyewa kendaraan dalam waktu yang fleksibel sesuai ketentuan penyedia leasing dengan pembayaran bulanan. Setelah kontrak berakhir, Anda bisa mengembalikan, memperpanjang sewa, atau membeli kendaraan tersebut.

BERITA TERKAIT

Apa Itu Kredit?

Di sisi lain, kredit kendaraan adalah jenis pembiayaan di mana Anda meminjam uang dari lembaga keuangan untuk membeli kendaraan secara penuh. Setelah Anda membayar semua cicilan, kendaraan tersebut sepenuhnya menjadi milik Anda.

Keuntungan utama dari kredit adalah kepemilikan penuh atas kendaraan setelah cicilan lunas, menjadikannya aset yang bisa Anda jual atau modifikasi sesuai kebutuhan. Meskipun cicilan bulanan lebih tinggi, kendaraan yang Anda miliki bisa menjadi investasi jangka panjang dengan fleksibilitas penggunaan yang lebih besar.

Dalam konsep kredit, Anda bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan, contohnya bank atau perusahaan pembiayaan seperti BAF, yang khusus menyediakan pembiayaan sepeda motor baru, terutama merek Yamaha.

Setelah pinjaman disetujui, Anda akan membayar cicilan bulanan selama periode yang telah disepakati (biasanya 3-5 tahun) hingga kendaraan menjadi milik Anda. Klik di sini untuk melihat berbagai opsi kredit motor dan pilih yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Perbedaan Leasing dan Kredit

Ada beberapa perbedaan leasing dan kredit yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih opsi yang tepat. Berikut ini penjelasannya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas