Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gairahkan Bengkel Konversi, ESDM dan PLN Gelar Balap Motor Listrik Hasil Konversi

PLN EV Conversion Race 2024 mengkompetisikan tiga kategori, satu diantaranya adalah balap sepeda motor listrik hasil konversi.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Gairahkan Bengkel Konversi, ESDM dan PLN Gelar Balap Motor Listrik Hasil Konversi
Tribunnews/Endrapta
PLN EV Conversion Race 2024 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul Bogor, Minggu (22/9/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar PLN EV Conversion Race 2024.

PLN EV Conversion Race 2024 mengkompetisikan tiga kategori. Pertama, EV Race atau balap sepeda motor listrik hasil konversi di lintasan aspal.

Balap sepeda motor listrik konversi ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dan memperebutkan Piala Menteri ESDM dengan total hadiah mencapai Rp 222 juta.

Kategori kedua adalah EV Endurance atau balapan ketahanan selama dua jam untuk menguji ketahanan motor listrik hasil konversi.

Kategori ketiga adalah Conversion Competition, yaitu kompetisi live konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik yang diikuti SMK dan Mekanik.

Motor-motor yang dikonversi ada motor bebek dan matic. Total ada belasan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Jawa Barat yang mengikuti kompetisi konversi motor.

BERITA TERKAIT

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan gairah bengkel motor listrik di Indonesia.

"Kami ingin menggairahkan bengkel-bengkel yang ada di seluruh Tanah Air," katanya di Sentul International Circuit, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (22/9/2024).

Eniya berharap PLN Conversion Race 2024 dapat menjadi salah satu pemicu SMK dan bengkel untuk meningkatkan kemampuan serta melakukan konversi kendaraan bermotor roda dua ini secara tepat, akurat, dan cepat. 

Baca juga: Konversi Motor Listrik Kini Gratis Tanpa Dipungut Biaya, Ini Link dan Cara Daftarnya

Ia juga berharap para peserta lomba konversi motor listrik juga bisa menularkan kemampuannya ke orang-orang di sekitarnya.

Baik itu ke anggota keluarga, tetangga, maupun komunitas di sekitarnya.

"Tolong disebarkan informasi bahwa Kementerian ESDM juga menyelenggarakan dan membantu konversi ini bisa secara gratis di seluruh Tanah Air," ujar Eniya.

Baca juga: 30 Siswa SMK di Bali Dapat Pelatihan Konversi Motor Listrik

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti mengatakan, ajang ini juga sejalan dengan visi pemerintahan ke depan, yaitu menuju Net Zero Emission.

"Jadi memang sesuai dengan visi pemerintah ke depan menuju Net Zero Emisson. Ini menjadi salah satu bagian bagaimana kita mengurangi energi fossil menjad energi baru terbarukan," kata Edi.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas