Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Berlaku Mulai September 2024, GoPay Gratiskan Biaya Transaksi QRIS untuk UMKM

Program gratis biaya transaksi QRIS dari GoPay ini berlaku untuk UMKM berskala mikro yang melakukan transaksi di bawah Rp100.000, sesuai ketentuan BI.

Penulis: Yosephin Pasaribu
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Berlaku Mulai September 2024, GoPay Gratiskan Biaya Transaksi QRIS untuk UMKM
Istimewa
GoTo Financial menghadirkan program bebas biaya transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk UMKM. 

TRIBUNNEWS.COM — Era digital menuntut semua pelaku usaha untuk bertransformasi, tak terkecuali pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. 

Salah satu langkah strategis yang digencarkan pemerintah adalah dengan mengadopsi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard), sistem pembayaran yang dianggap praktis dan efisien.

Namun, di balik kemudahannya, masih ada sejumlah keraguan yang dirasakan oleh UMKM sehingga enggan untuk beralih ke pembayaran digital ini, seperti kekhawatiran proses pendaftaran yang ribet, pencairan uang hasil usaha yang lama, hingga adanya potongan biaya transaksi QRIS yang dirasa akan memberatkan.

Group Head of Merchant Services GoTo Financial, Haryanto Tanjo mengatakan, “Saat ini, banyak UMKM yang masih ragu untuk menggunakan QRIS karena khawatir proses pendaftaran yang kompleks dan memakan waktu serta adanya potongan biaya transaksi,” papar Haryanto.

Baca juga: Dukung Bank Indonesia, GoPay Dorong Perluasan QRIS Secara Nasional

Menjawab keraguan tersebut, GoTo Financial yang merupakan unit bisnis financial technology GoTo, berupaya mendukung perluasan adopsi QRIS lewat aplikasi GoPay Merchant yang memberikan ragam manfaat bagi UMKM hingga  program bebas biaya transaksi QRIS.  

“GoTo menghadirkan aplikasi GoPay Merchant di mana pendaftaran QRIS dapat dilakukan dengan cepat sehingga merchant langsung mendapatkan kode QRIS untuk bertransaksi. Dengan adanya aplikasi GoPay Merchant dan juga program gratis biaya transaksi QRIS, kami berharap adopsi QRIS di Indonesia menjadi semakin luas dan lebih banyak UMKM Indonesia yang go digital,” ujar Haryanto.

Manfaat dari program ini dapat dirasakan langsung oleh UMKM hanya dengan mengunduh, mendaftar, dan menggunakan aplikasi GoPay Merchant mulai September 2024. 

BERITA REKOMENDASI

Inisiatif ini tidak hanya mempermudah pelaku usaha dalam mengakses QRIS, tetapi juga memberikan berbagai keuntungan yang mendukung kelangsungan dan kemajuan bisnis mereka, sejalan dengan komitmen GoTo Financial yang ingin memperluas adopsi QRIS di seluruh Indonesia.

“QRIS dapat  mendukung operasional dan kemajuan usaha pelaku UMKM. Selain membuat pembayaran digital menjadi lebih mudah dan cepat, QRIS juga memperluas akses pasar bagi UMKM,” ujar Haryanto. 

Baca juga: Aplikasi GoPay Merchant Diluncurkan, Dukung Perjuangan UMKM Berkembang

GoPay Merchant, sahabat baru UMKM

Selain bebas biaya transaksi QRIS, UMKM yang menggunakan aplikasi GoPay Merchant juga dapat menikmati berbagai keunggulan lainnya, seperti:

  1. Proses pendaftaran QRIS yang cepat dan mudah
    Setelah menyelesaikan pendaftaran, pelaku usaha akan segera menerima kode QRIS yang bisa langsung digunakan untuk menerima pembayaran.
  2. Fleksibel mencairkan dana hasil penjualan
    Dengan fitur pengaturan pencairan yang fleksibel, UMKM dapat mencairkan dana kapan saja, sesuai kebutuhan. Merchant juga memiliki opsi untuk menjadwalkan pencairan hasil penjualan setiap akhir jam operasional toko, yang membantu kelancaran arus kas bisnis.
  3. Pilihan berlangganan perangkat GoPay Spiker
    Fitur ini mempermudah merchant dalam memverifikasi transaksi, sekaligus mencegah kesalahan nominal atau transaksi palsu. Dengan GoPay Spiker, merchant akan menerima notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan, memastikan transaksi berjalan aman dan akurat.

Program gratis biaya transaksi QRIS dari GoPay ini berlaku untuk UMKM berskala mikro yang melakukan transaksi di bawah Rp100.000, sesuai ketentuan Bank Indonesia. 

Yuk, unduh Aplikasi GoPay Merchant melalui Google Play Store atau App Store sekarang juga! Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai aplikasi GoPay Merchant dan program gratis biaya transaksi QRIS ini, klik link ini.

Baca juga: Praktis! Nabung di Aplikasi GoPay, Tanpa Kena Biaya Administrasi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas