Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Buka Jalan Mudahkan Transaksi, Perkenalkan ini Aplikasi Merchant BCA untuk Para Pengusaha!

BCA menghadirkan aplikasi Merchant BCA untuk memberikan solusi dan inovasi digital dan memudahkan para pengusaha dan UMKM dalam melakukan transaksi.

zoom-in Buka Jalan Mudahkan Transaksi, Perkenalkan ini Aplikasi Merchant BCA untuk Para Pengusaha!
Istimewa
Berikan solusi dan inovasi digital dalam mendukung pelaku UMKM #BukaJalan usaha, BCA hadirkan aplikasi Merchant BCA. 

TRIBUNNEWS.COM - Mengelola usaha dan mengembangkan bisnis secara efisien memang membutuhkan langkah demi langkah. Agar menjalankan bisnis terasa lebih mudah, para pelaku usaha dapat memanfaatkan berbagai inovasi dan teknologi yang tersedia untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnisnya. 

Salah satu teknologi yang kini makin diminati oleh para pelaku usaha adalah QRIS untuk pembayaran dan transaksi nontunai. Kehadiran QRIS dapat memudahkan pelaku usaha karena transaksi jadi lebih cepat dan praktis.

Mengutip situs resmi Bank Indonesia, per Juni 2023, terdapat 26,7 juta merchant di Indonesia yang telah menjadi pengguna QRIS. Dari angka tersebut, 91,4 persen-nya adalah para pelaku UMKM.

Selain QRIS, mesin Electronic Data Capture (EDC) menjadi teknologi lain yang mendukung metode pembayaran nontunai. Bahkan, mesin EDC sebenarnya sudah cukup banyak digunakan jauh sebelum kehadiran QRIS

Dengan segala keunggulannya, bukan berarti penggunaan QRIS dan mesin EDC tanpa hambatan. Beberapa kendala yang sering ditemui oleh pelaku usaha adalah kendala koneksi terjadi kendala pada QRIS sehingga tidak bisa ter-scan, ataupun kehabisan kertas struk di tengah-tengah transaksi.  

Ditambah lagi, mengelola transaksi dan memantau cabang yang banyak juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha.

Hal inilah yang memacu PT Bank Central Asia Tbk (BCA), untuk memberikan solusi inovasi layanan berbasis digital bagi para pelaku UMKM lewat Aplikasi Merchant BCA!

Baca juga: Waspada Penipuan Lokasi Cabang dan Nomor Kontak BCA di Google Maps, Ini Tips Menghindarinya!

BERITA REKOMENDASI

Cara Mudah Ajukan EDC BCA dan QRIS Lewat Aplikasi Merchant BCA

Aplikasi Merchant BCA merupakan aplikasi yang didesain sebagai solusi terdepan untuk memandu dan #BukaJalan usaha bagi bisnis dari berbagai skala, termasuk UMKM

Hanya dari satu aplikasi saja, para pelaku usaha bisa mengajukan EDC BCA dan QRIS di mana pun dan kapan pun, pantau dan kelola transaksi dari beberapa toko sekaligus, hingga mendapatkan bantuan atas berbagai kendala EDC BCA seperti kehabisan struk atau EDC tidak ada sinyal dan lainnya. 

Lewat Aplikasi Merchant BCA, mengajukan EDC dan QRIS BCA dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Merchant BCA.  
  2. Pilih “Daftar” untuk melakukan registrasi merchant.
  3. Apabila belum memiliki EDC BCA atau QRIS, pilih menu “Belum”.
  4. Lalu ajukan fasilitas pembayaran EDC atau QRIS statis.

Saat ini dengan fitur QRIS Same Day, pengajuan QRIS Statis untuk kategori merchant individu yang dilakukan melalui aplikasi Merchant BCA sebelum jam 15.00 WIB pada hari kerja, dapat disetujui di hari yang sama. 

Menawarkan Solusi untuk Berbagai Kendala

Dengan aplikasi Merchant BCA, tidak perlu bingung lagi ketika dihadapkan dengan kendala mesin EDC yang bisa datang sewaktu-waktu, misalnya kendala koneksi atau kehabisan kertas struk.

Aplikasi Merchant BCA menghadirkan fitur Merchant Care untuk memberikan solusi atas berbagai kendala pada EDC BCA. Berikut ini cara mudah untuk mengakses fiturnya: 

  1. Masuk ke aplikasi Merchant BCA
  2. Pilih menu “Merchant Care”.
  3. Pilih solusi sesuai dengan kendala yang dialami

Baca juga: Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget, Bakti BCA untuk Pelestarian Budaya dan Pemberdayaan UMKM

Bantu Pelaku Usaha Kelola dan Pantau Semua Cabang Toko 

Seiring dengan berkembangnya usaha, tentu perlu lebih cermat dalam pengelolaan usaha tersebut, salah satunya alur transaksi masuk. Aplikasi Merchant BCA juga bisa membantu dalam mengelola dan memantau usaha melalui menu pantau transaksi yang dapat memantau transaksi di beberapa toko sekaligus secara real-time! Selain itu laporan transaksi bisa diunduh baik secara harian, mingguan atau bulanan. 

Untuk mulai memantau dan mengelola transaksi toko secara mudah, bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

  1. Masuk ke aplikasi Merchant BCA
  2. Pilih menu “Transaksi” untuk melihat riwayat transaksi sesuai dengan periode yang telah diatur.
  3. Pilih menu “Toko” untuk melihat riwayat transaksi dari setiap cabang toko yang dimiliki.
  4. Pilih toko yang ingin dipantau untuk melihat lebih detail.
  5. Untuk melihat grafik pendapatan tiap toko, pilih menu “Nominal Transaksi”.

Untuk transaksi dengan QRIS statis BCA, pencairan dana dapat dilakukan hingga 4 kali dalam sehari (Multisettlement) sehingga cash flow usaha menjadi lebih lancar. 

Nah, itulah beberapa fasilitas dan kegunaan yang diberikan oleh BCA untuk #BukaJalan mudahkan transaksi, pantau, dan kelola usaha. Yuk, download dan pakai Aplikasi Merchant BCA sekarang!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Aplikasi Merchant BCA, Anda bisa langsung mengunjungi website BCA berikut ini.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas