Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cara Mudah Melakukan Desinfeksi Covid-19

Kemudian bisa juga dengan alkohol 96% dicampur air 8:2 (sesuai referensi dokter Nanda dari KJP).

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Cara Mudah Melakukan Desinfeksi Covid-19
AFP/MARIA TAN
Ilustrasi penyemprotan disinfektan 

TRIBUNNEWS.COM - Penyemprotan desinfektan yang kiat merebak akhir akhir ini untuk mencegah penularan virus Covid 19 sangatlah dianjurkan untuk semua lapisan masyarakat.

Tidak terlepas dari gedung-gedung area publik yang dikelola seperti mall, apartemen, office, kawasan, rumah sakit, tempat wisata bahkan rumah-rumah pribadi tempat tinggal juga sangatlah perlu dilakukan.

GMT Institute terpanggil untuk memberikan best practice dalam hal penyemprotan desinfektan ini untuk membantu pengendalian Virus Corona (Covid-19) di area dalam dan lingkungan sekitar. 

Inisial treatment yang dilakukan untuk mengendalikan virus secara menyeluruh untuk mengeliminasi populasi atau perkembangan virus corona (Covid-19) yang ada ini perlu dilakukan secara berkelanjutan dan memerlukan kerjasama semua pihak.

Baca: Dengan Disinfektan Booth, Kementan Upayakan Cegah Penyebaran Covid-19

Hal ini tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah saja, tapi juga menjadi bagian tugas dan tanggung jawab kita semua masyarakat Indonesia.

Seringkali kita mungkin berpikir bahwa penyemprotan harus dilakukan oleh pihak–pihak tertentu yang ahli dalam bidangnya, tetapi sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis oleh kita sendiri untuk mencegah penularan virus corona (Covid -19).

Menurut Elizabeth S. Mulyanto, ST.,MM., Operation Manajer GMT Institute, selain lebih hemat, melalukan penyemprotan sendiri juga lebih efektif membunuh kuman.

BERITA TERKAIT

"Hal-hal yang perlu disiapkan yaitu alat dan bahan yang akan digunakan seperti APD (Alat Pelindung Diri), Bahan, Alat dan desinfektan yang akan dapat digunakan," kata Elizabeth.

Alat dan Bahan

Alat pelindung diri (ADP) sendiri terdiri dari masker, sarung tangan, topi, dan kacatamata.

Kemudian untuk bahannya sendiri terdiri dari cairan desinfektan dan air bersih.

Kemudian, kata Elizabeth, untuk alat penyemprotannya sendiri di antaranya seperti Hand Sprayer/Spraying Machine, Corong, Gelas Ukur, Kayu Pengaduk, dan Lap mikroviber (Kain).

Kemudian desinfektan seperti apa yang bisa digunakan? Jawabannya yakni emutih/clorida atau pembersih lantai/karbol (untuk lantai), atau juga produk pembersih (hipoklorit 0.1-0.5% atau chloroxylenol 2-5,5%) /OX-Virin 100% biodegradable/bahan desinfektan yang telah tersedia dipasaran umum.

Kemudian bisa juga dengan alkohol 96% dicampur air 8:2 (sesuai referensi dokter Nanda dari KJP).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas