Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Penghasilan Pekerja Turun Drastis, Jokowi Minta Program Jaring Pengaman Sosial Dipercepat

Penghasilan pekerja menurun akibat wabah virus corona, Presiden Jokowi meminta program jaring pengaman sosial segera diberikan.

Penghasilan Pekerja Turun Drastis, Jokowi Minta Program Jaring Pengaman Sosial Dipercepat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Penghasilan pekerja menurun akibat wabah virus corona, Presiden Jokowi meminta program jaring pengaman sosial segera diberikan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Pergerakan arus mudik terjadi lebih awal dari biasanya.

Hal itu pun menjadi perhatian, karena terjadi di tengah wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan pergerakan arus mudik yang terjadi lebih awal itu dikarenakan banyaknya pekerja informal di Jabodetabek yang mengalami penurunan jumlah penghasilan.

"Saya melihat bahwa arus mudik dipercepat bukan karena faktor budaya tapi karena terpaksa," kata Jokowi dalam Rapat Terbatas Antisipasi Mudik Lebaran yang disiarkan langsung oleh Kompas TV, Senin (30/3/2020) siang.

"Yang jelas, di lapangan, banyak pekerja informal di Jabodetabek yang terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang, tidak mendapat penghasilan sama sekali," sambungnya.

Baca: Ganjar Pranowo Ungkap Jumlah Pasien Corona di Jateng Meningkat karena Puluhan Ribu Warga Mudik

Jokowi pun mengatakan, kondisi tersebut terjadi akibat penerapan kebijakan kerja, sekolah, dan ibadah di rumah demi menanggulangi penyebaran virus corona.

Melihat hal tersebut, Jokowi pun meminta program jaring pengaman sosial yang menjamin perlindungan sosial segera diberikan.

"Karena itu, saya minta percepatan program social safety net atau jaring pengaman sosial yang memberikan perlindungan sosial di sektor informal dan para pekerja harian, maupun program insentif ekonomi bagi usaha mikro, usaha kecil betul-betul segera dilaksanakan di lapangan," tegas Jokowi.

"Sehingga, para pekerja informal, buruh harian, asongan, semuanya bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari," sambungnya. 

Meminta Pemda Tingkatkan Pengawasan

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas