Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Riset Katadata Soal Corona: Fasilitas Kesehatan Jawa Barat dan Banten Kurang Memadai

Berdasarkan hasil riset Katadata Provinsi Jawa Barat dan Banten masuk dalam wilayah rentan penularan virus corona atau Covid-19.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Hasil Riset Katadata Soal Corona: Fasilitas Kesehatan Jawa Barat dan Banten Kurang Memadai
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan hasil riset Katadata Provinsi Jawa Barat dan Banten masuk dalam wilayah rentan penularan virus corona atau Covid-19.

Seiring dengan temuan tersebut, masih berdasarkan hasil riset fasilitas kesehatan di kedua provinsi tersebut dinilai kurang memadai.

"Kita melihat temuan yang menarik, bahwa Banten dan Jawa barat rentan, tapi kondisi layanan kesehatannya sangat tertekan atau kurang memadai," ujar Mulya Amri, direktur Katadata Insight Center dalam webinar Katadata, Jumat (3/4/2020).

Direktur riset Katadata tersebut juga menyebut sejumlah hal yang membuat suatu daerah dinilai siap dalam menghadapi wabah Covid-19, satu di antaranya dari sisi layanan kesehatan.

Baca: Pandemi Virus Corona, Manajer Pelatih Timnas Shin Tae-yong dan 4 Asistennya Mudik ke Korea Selatan

Beberapa indikator siap tidaknya layanan kesehatan bisa dilihat dari fasilitas kesehatan, keberadaan tenaga kesehatan, dan anggaran kesehatan.

Ditemukan Jawa barat, Lampung, dan Banten kondisi layanan kesehatannya akan tertekan dengan tingginya permintaan dalam menghadapi wabah corona.

BERITA REKOMENDASI

"Ini menjadi perhatian kita," ujarnya

DKI Jakarta meskipun masuk dalam 3 provinsi yang rentan terhadap penularan virus corona (Covid-19), tetapi memiliki fasilitas kesehatan yang lebih baik dibandingkan provinsi lain.

Baca: Hasil Riset Katadata Soal Corona: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten Paling Rentan

Diketahui faktor yang menyebabkan DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat rentan dengan penyebaran virus corona atau Covid-19, satu di antaranya mobilitas penduduk.

"Kita harus antisipasi. Apalagi mungkin sebulan atau dua bulan lagi mungkin (terjadi) puncaknya akan mencapai sana. Kita harus siap-siap dari sekarang," ujarnya.

1.986 kasus corona di Indonesia

 Jumlah kasus pasien corona (Covid-19) di Indonesia kini mencapai 1.986, Jumat (3/4/2020).

Demikian dikatakan Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Virus Corona dalam konferensi pers yang digelar di Gedung BNPB, Jumat sore.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas