Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiba di Tanah Air, 55 Jemaah Umrah Diminta Lakukan Isolasi Mandiri Selama 14 Hari

Sebanyak 55 jemaah umrah Indonesia yang sempat tertahan di Arab Saudi lantaran kebijakan lockdown, tiba di tanah air, Jumat (10/4/2020) dini hari.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Tiba di Tanah Air, 55 Jemaah Umrah Diminta Lakukan Isolasi Mandiri Selama 14 Hari
Humas Kemenag RI
Pemeriksaan suhu tubuh jemaah umrah yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (10/4/2020) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 55 jemaah umrah Indonesia yang sempat tertahan di Arab Saudi lantaran kebijakan lockdown, tiba di tanah air, Jumat (10/4/2020) dini hari.

Para jemaah umrah tersebut mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Penerimaan jemaah umrah dilakukan dini hari tadi. Mereka mulai masuk gate pukul 02.00 dan prosesnya berlangsung sampai 04.30 WIB," kata Kasubdit Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Noer Aliya Fitra (Nafit) usai menerima kedatangan jemaah di Cengkareng, Tangerang, Banten, Jumat (10/4/2020).

Baca: Saudi Pulangkan 300 WNI, Termasuk Jemaah Umrah yang Tertahan Akibat Lockdown

Nafit menerangkan, setibanya di Bandara Soekarno-Hatta jemaah menjalani pemeriksaan sesuai protokol kesehatan seperti diperiksa suhu tubuh dan dilakukan proses wawancara.

"Alhamdulillah, hasil pemeriksaan dengan pemeriksaan suhu badan dan wawancara, tidak ada jemaah yang terindikasi terinfeksi virus Covid-19," jelasnya.

Selain itu, petugas juga melakukan rapid test secara sampling kepada 18 penumpang yang dinilai berisiko tinggi.

Baca: Sempat Tertahan, 58 Jemaah Umrah Dipulangkan Ke Tanah Air oleh Pemerintah Arab Saudi

BERITA TERKAIT

"Rapid test jg dilakukan secara sampling terhadap 18 orang penumpang yang beresiko tinggi juga alhamdulillah semua negatif Covid-19," katanya.

Kasi Identifikasi dan Penanganan Masalah Umrah Ali Machzumi menambahkan, jemaah umrah Indonesia diterbangkan dengan pesawat Saudia Airlines SV 818.

Sampai data terakhir, total ada 55 jemaah umrah yang dipulangkan.

Baca: KJRI Jeddah: 44 Jemaah Umrah yang Tertahan Akibat Lockdown di Arab Saudi Siap Dipulangkan

"Seluruh jemaah sudah dijemput oleh pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Jemaah yang berasal dari Palembang, Riau, Sumbar, dan Kepri, hari ini juga diterbangkan oleh PPIU menuju ke daerah masing-masing," kata Ali.

Meski demikian, jemaah yang menerima surat rekomendasi lulus pemeriksaan kesehatan tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Selain jemaah umrah, dalam penerbangan tersebut juga ada 34 tim penyedia layanan jemaah haji di Arab Saudi, TKI, serta keluarga WNI di Arab Saudi.

Total ada 336 penumpang yang kembali ke Indonesia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas