Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satu Keluarga Positif Corona Kabur Dari Magetan Hingga Ditemukan di Mempawah, Begini Kronologinya

Kini MAN bersama anak dan istrinya mendapat sanksi isolasi di rumah sakit yang berada di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Satu Keluarga Positif Corona Kabur Dari Magetan Hingga Ditemukan di Mempawah, Begini Kronologinya
SURYA/DONI PRASETYO
Kawasan Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, terutama jalan utama menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah, ditutup total bagi pendatang dan pelintas, begitu juga sebaliknya. 

TRIBUNNEWS.COM, MAGETAN - MAN (37) bersama keluarganya nekat kabur dari lingkungan Pondok Pesantren Al Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Keras, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ketika sedang menjalani isolasi mandiri.

Kini MAN bersama anak dan istrinya mendapat sanksi isolasi di rumah sakit yang berada di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Perbuatan MAN bersama keluarganya tersebut membuat gaduh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan.

Baca: Menyelisik Bangunan Tua Menyeramkan yang Akan Jadi Tempat Karantina ODP Bandel di Sragen

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan Saif Muchlissun, membenarkan kaburnya pria berinitial MAN (37) bersama istri dan anaknya itu yang selama ini tinggal kost di lingkungan Ponpes Al Fatah itu.

"Pemkab Magetan sudah konfirmasi ke Dinas Kesehatan Mempawah, Kalimantan Barat, kampung asal pria berinisial MAN itu, dan kini sudah ditangani Tim Kesehatan setempat," kata Saif Muchlissun kepada TribunJatim.com, Kamis (23/4/2020).

Muchlissun mengatakan keempat warga Desa Temboro sebelumnya diminta menjalani isolasi mandiri karena diduga kuat terpapar Covid-19 dari pasien ke-10.

Setelah hasil test SWAB-nya keluar dan dinyatakan positif, petugas pun mendatangi kediaman mereka.

Baca: Satu Keluarga di Magetan Kabur ke Kalbar Saat Harus Isolasi Mandiri, Begini Nasibnya Saat Ditemukan

BERITA REKOMENDASI

Namun, saat tim hendak mengevakuasi untuk dirawat rumah sakit rujukan di RSUD dr Sayidiman, Magetan, warga tersebut sudah tidak ada di tempat kostnya.

"Saat diisolasi mandiri di rumah kost yang dijaga warga setempat, MAN bersama istri dan anaknya tahu tahu pergi tanpa pamit. Namun warga setempat mengetahui MAN sekeluarga ini pulang ke kampung asalnya di Mempawah, Kalimantan Barat," kata Kadis Kominfo Pemkab Magetan ini.

Mengetahui hal tersebut, lanjut Muchlissun, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan secepatnya melakukan komunikasi dengan aparat terkait di Mempawah, Kalimantan Barat.

"Informasi yang kami terima, setelah MAN dan keluarganya ditemukan, orang-orang yang kontak langsung dengan PDP Covid-19 positif ini diisolasi di RSUD setempat," kata Saif Muchlissun.

Sementara ketiga warga lainnya yang dinyatakan positif Covid-19 saat ini dirawat dan diisolasi di rumah sakit rujukan, di RSUD dr Sayidiman Magetan.

Baca: Positif Corona, Satu Keluarga di Magetan Kabur ke Kalimantan

Dari data yang dihimpun TribunJatim.com dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan, disebutkan, jumlah warga Magetan yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai 14 orang.

Tercatat juga, delapan orang sembuh, dan lima orang masih dalam perawatan di rumah sakit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas