Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

BIN Gelar Rapid Test Massal di Depok, 20 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19

Upaya yang dilakulan dalam rangka membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19

BIN Gelar Rapid Test Massal di Depok, 20 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19
Istimewa
Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar Rapid Test massal di Giant Tole Iskandar, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat Jumat (22/5/2020) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar Rapid Test massal di Giant Tole Iskandar, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat Jumat (22/5/2020).

Rapid Test ini merupakan instruksi dari Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan sebagai deteksi lanjutan terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Baca: Mengapa Warga Nekat Berkerumun di Pasar dan Mal Padahal Sedang Corona? Ini Penjelasan Ahli

Upaya yang dilakukan dalam rangka membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19.

Staf Khusus KaBIN, Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono mengatakan pihaknya akan terus mencari titik-titik episentrum di wilayah-wilayah yang masuk dalam zona merah.

Di samping membantu pemerintah daerah, BIN juga berupaya untuk melakukan pedalaman lebih lanjut terhadap cluster-cluster baru.

"Kita berupaya mencari tempat-tempat yang dianggap memiliki tingkat penyebarannya tinggi. Tim kita berputar di wilayah Jakarta dan juga wilayah penyangga khususnya seperti Depok, Bogor dan Banten,” ujar Staf Khusus KaBIN, Mayor Jenderal TNI (Pur) Neno Hamriono dalam keterangan yang diterma.

Dalam kegiatan ini, BIN menyediakan 500 alat rapid test kit dan menerjunkan dua unit Mobil Laboratorium untuk swab test yang hasilnya akan langsung keluar dalam waktu 5 jam.

Dari data informasi pada pukul 09.00 WIB, rapid test massal tersebut sudah diikuti 300 peserta, sebanyak 25 orang dinyatakan reaktif terhadap Covid-19 dan akan dilanjutkan dengan swab test.

"Ini kesempatan yang baik sekali bagi kita karena masyarakat yang terindikasi reaktif, tidak perlu menunggu lama. Hanya 5 jam untuk proses PCR," kata Neno.

Halaman
12
Penulis: Adi Suhendi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas