Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkes Terawan Keluarkan Protokol Keamanan Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 bagi Aparat yang Melaksanakan Tugas Pengamanan dan Penertiban Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menkes Terawan Keluarkan Protokol Keamanan Bekerja di Masa Pandemi Covid-19
TRIBUNNEWS.COM/LUCIUS GENIK
Menkes Terawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Di masa pandemi virus corona (covid-19) ini aparat juga turut berhadapan langsung atau kontak dengan masyarakat untuk menertibkan masyarakat agar mengikuti kebijakan penanganan Covid-19 dari pemerintah.

Aparat yang ikut serta ini meliputi kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja maupun petugas negara/Pemerintah Daerah.

Melihat besarnya resiko aparat tertular covid-19, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.01/MENKES/334/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 bagi Aparat yang Melaksanakan Tugas Pengamanan dan Penertiban Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kepada seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga, pimpinan pemerintah daerah, Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Panglima TNI agar mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk menerapkan pencegahan penularan Covid-19,” kata Menkes Terawan Agus Putranto, Sabtu (23/5/2020).

Baca: Tak Bisa Mudik Akibat Pandemi, Arsul Sani Fokus Menulis Buku tentang Relasi Agama dan Negara

Pada protokol kesehatan ini Menkes Terawan mengingatkan tentang pentingnya memastikan kesehatan sebelum bertugas, menggunakan alat pelindung diri (APD) hingga pentingnya kembali menjaga kesehatan saat sudah sampai di rumah.

“Saya harapkan protokol itu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar bertugas bisa dengan aman dan terhindar dari Covid-19,” ungkap Menkes Terawan.

Baca: Cara Pemprov Bali Menekan PHK Akibat Covid-19, Bantuan hingga Syarat untuk Koperasi

Protokol pencegahan dilakukan antara lain :

BERITA TERKAIT

1. Pastikan aparat dalam kondisi sehat sebelum bertugas di lapangan. Apabila terdapat keluhan demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak nafas agar tidak ditugaskan dan istirahatkan di rumah.

2. Gunakan pakaian kerja saat bertugas, dengan baju berlengan panjang.

3. Wajib menggunakan masker, faceshield, dan sarung tangan.

4. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

5. Hindari tangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung atau mulut.

6. Tetap memperhatikan jarak/physical distancing minimal 1 meter saat berhadapan dengan masyarakat atau rekan kerja pada saat bertugas.

7. Apabila aparat harus melakukan kontak fisik dengan masyarakat, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas