Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Pedagang di Pasar Tradisional Positif Covid-19, DPRD DKI Minta Dinkes Gencar Lakukan Swab Test

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Johnny Simanjuntak mengusulkan kepada Perumda Pasar Jaya untuk menggencarkan pemeriksaan swab test di pasar tradisional.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ada Pedagang di Pasar Tradisional Positif Covid-19, DPRD DKI Minta Dinkes Gencar Lakukan Swab Test
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, menutup sementara selama tiga hari, mulai hari Kamis 18 Juni 2020 hingga 20 Juni 2020 untuk disterilisasi dalam pemenuhan syarat protokol kesehatan Covid-19. Ditutupnya pasar tradisional ini dikarenakan sebanyak 14 pedagang dari 59 pedagang yang sebelumnya telah menjalani swab test dan dinyatakan terinfeksi positif virus Corona (COVID-19). WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Komisi E DPRD DKI Johnny Simanjuntak mengusulkan kepada Perumda Pasar Jaya untuk menggencarkan pemeriksaan swab test lewat metode polymerase chain reaction (PCR) di pasar tradisional.

Hal tersebut menyikapi ditemukannya sejumlah pedagang positif Covid-19 seperti di Pasar Gondangdia dan Pasar Kebayoran Lama yang berujung penutupan pasar.

"Tes pendeteksi seperti PCR dan Swab itu harus digencarkan di Pasar, karena di situlah tempat orang banyak berkumpul dan banyak ditemukan pelanggaran kecil, misalnya pelanggaran jarak," kata Johnny kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Baca: Pocong Huni Kantornya, Jordi Onsu Ketakutan Diberi Tau Ada Sosok di Belakang: Sampai Angkat Kaki

Ia menilai Dinas Kesehatan DKI mampu menjalankan usulan tersebut, terlebih anggaran belanja tidak terduga (BTT) untuk penanganan Covid-19 khususnya pembelian PCR dan peralatan laboratorium telah disetujui sebesar Rp66,5 miliar.

Politikus PDIP ini juga meminta Dinkes DKI berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mengawasi protokol kesehatan di pasar.

"Dinkes harus bekerjasama dengan SKPD lain seperti Satpol PP untuk memperketat pengawasan dan protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan baru," kata dia.

Baca: 14 Pedagang Pasar Kebayoran Lama Positif Covid-19, Satpol PP: Pengawasan Sudah Ketat

BERITA TERKAIT

Diketahui sebelumnya dua pasar, yakni Pasar Gondangdia dan Pasar Kebayoran Lama ditutup sementara selama tiga hari, usai kedua lokasi tersebut didapati pedagang yang positif Covid-19.

Pasar Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat ditutup sementara dimulai sejak Senin (15/6) kemarin hingga 17 Juni 2020, usai hasil tes swab mendapati satu pedagang di pasar tersebut tekonfirmasi positif Covid-19.

Baca: 14 Pedagang Positif Corona, Hari Ini Pasar Kebayoran Lama Ditutup, Buka Lagi 20 Juni

Sementara Pasar Kebayoran Lama ditutup selama tiga (3) hari dimulai sejak Kamis (18/6) hingga Sabtu (20/6) mendatang.

Penutupan menyusul hasil tes swab yang keluar pada hari Rabu (17/6) kemarin, menunjukkan ada 14 pedagang terkonfirmasi positif Covid-19.

137 Pedagang di 18 Pasar Tradisional Jakarta Positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkap ada 137 pedagang pasar tradisional yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hasil ini didapat berdasarkan hasil pemeriksaan swab test dengan metode polymerase chain reaction (PCR) terhadap 1.198 pedagang yang tersebar di 18 pasar tradisional.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas