Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Melihat Fenomena Penyebaran Virus Covid-19 dari Perspektif Intelijen

Dari sisi dunia intelijen dan pertahanan, pemerintah perlu memperkuat pertahanan biologi (biodefense) pada tugas operasi militer

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Melihat Fenomena Penyebaran Virus Covid-19 dari Perspektif Intelijen
Ngasiman Djoyonegoro
Direktur Eksekutif Center of Intelligent and Strategic Studies (CISS), Ngasiman Djoyonegoro 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan yang juga Direktur Eksekutif Center of Intelligent and Strategic Studies (CISS), Ngasiman Djoyonegoro bekerjasama dengan Lembaga Kajian Nawacita (LKN) menggelar launching dan bedah buku berjudul “Perang Global Melawan Corona – Perspektif Intelijen," hari ini, Kamis (16/7/2020).

Bedah buku yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom tersebut menghadirkan sejumlah tokoh sebagai narasumber. Diantaranya, Marsdya TNI Kisenda Wiranatakusumah, M.A (Kepala Badan Intelijen Strategis TNI) sebagai keynote speaker mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, dan dr Reisa Broto Asmoro (Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19).

Hadir sebagai narasumber antara lain Letjen TNI (Purn.) Ediwan Prabowo (Ketua NSI), Dr. Wawan H Purwanto (Dep 7 BIN / Jubir), Dr Riant Nugroho MSi CBA (Pakar Kebijakan Publik), Dr Wendy Wisnuwati Setiawati (Lembaga Kajian NawaCita), dan Hery Haryanto Azumy (Ketum Forum Satu Bangsa).

Dalam sambutannya, Simon—panggilan akrab Ngasiman Djoyonegoro--membeberkan tujuan penulisan buku. Salah satu poin penting yang disampikan adalah bahwa sebagai bencana nasional non-alam, wabah Covid-19 bukan saja persoalan kesehatan, namun punya dampak lain seperti dampak sosial, ekonomi, bahkan ancaman dari sisi pertahanan dan keamanan.

“Melihat Covid-19 harus juga dilihat dari perspektif yang lain. Termasuk perspektif dunia intelijen. Dampak yang ditimbulkan Covid-19 ini sangat kompleks. Banyak pihak menyatakan bahwa virus corona adalah senjata biologis yang sengaja diciptakan pihak tertentu untuk menimbulkan kekacauan global untuk menuju pada titik keseimbangan baru,” kata Simon.

Baca: Kondisi Terkini dan Kegiatan Pasien Covid-19 di Secapa AD: Rutin Berolahraga Hingga Berjemur

Menurut Simon, kita tidak dapat memandang bahwa Covid-19 sebagai situasi ancaman kesehatan semata. Ada perspektif lain yang perlu ditelusuri dan diperdalam lebih lanjut.

BERITA TERKAIT

Mengantisipasi upaya pengambilalihan kontrol terhadap negara-negara oleh sekelompok negara lain.

Simon melalui bukunya tersebut juga menghimbau supaya negara dapat lebih siaga dalam menghadapi ancaman wabah, seperti Covid-19.

“Dari sisi dunia intelijen dan pertahanan, pemerintah perlu memperkuat pertahanan biologi (biodefense) pada tugas operasi militer. Ini merupakan upaya pertahanan terhadap agen biologi yang digunakan sebagai senjata oleh pihak yang konflik serta terhadap penyakit infeksi endemis,” kata dia.

Sementera itu, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Marsdya Kisenda Wiranatakusumah, M.A dalam paparannya mengatakan bahwa sebagai negara besar dan negara kepulauan, tingkat penyebaran Covid-19 ini derajatnya bervariasi antar daerah.

Karenanya, jajaran Pemerintah Daerah dibantu jajaran TNI dan POLRI serta dukungan dari pemerintah pusat terus melakukan langkah-langkah yang efektif dan efisien dalam menangani penyebaran dan dampak Covid-19.

“Selama vaksin dan obatnya belum ditemukan, maka kita tidak boleh lengah. Tidak hanya tak kasatmata, Covid-19 tidak mengenal batas negara, dan menyerang siapa pun tanpa pandang bulu, tanpa melihat pangkat, jabatan, tanpa melihat status sosial,” katanya.

Marsdya TNI Kisenda Wiranatakusumah, M.A juga mengapresiasi atas terbitnya buku saudara Ngasiman Djoyonegoro, termasuk sepakat dengan rekomendasi dalam buku tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas