Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Dari Ketua Tim Pakar Menjadi Jubir Penanganan Covid-19, Berikut Rekam Jejak Wiku Adisasmito

Nama Prof Wiku Adisasmito ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, menggantikan Achmad Yurianto.

Dari Ketua Tim Pakar Menjadi Jubir Penanganan Covid-19, Berikut Rekam Jejak Wiku Adisasmito
https://covid19.go.id/
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Prof Wiku Adisasmito ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, menggantikan Achmad Yurianto.

"Selanjutnya sebagaimana disampaikan oleh Menko Perekonomian bapak Airlangga selaku ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam pernyataan pers siang ini, Presiden Joko Widodo telah menunjuk saya sebagai Jubir Satgas penanganan Covid-19," kata Wiku di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (21/7/2020).

Baca: Jokowi Tunjuk Wiku Adisasmito Jadi Jubir Penanganan Covid-19 Gantikan Achmad Yurianto

Seperti diketahui, Wiku merupakan pakar epidemilogi dari Universitas Indonesia. Merujuk situs staff.ui.ac.id, Wiku dikenal karena penelitiannya yang fokus pada pandemi.

Lahir di Malang, 20 Februari 1964, Wiku tamat dari IPB Bogor dengan menyandang gelar dokter hewan pada 1988.

Gelar selanjutnya menyusul dua tahun kemudian, yakni Master of Science (MSc) dari Colorado State University (CSU) pada 1990 dan Dokter of Philosophy (PhD) pada 1995.

Saat dunia geger oleh virus H1N1 atau flu burung, Wiku ikut ambil andil sebagai salah satu tim ahli di Komisi Nasional Flu Burung dan Pandemi Influenza (Komnas FPBI).

Baca: Wiku Adisasmito: Hampir 60 Persen Daerah di Indonesia Relatif Rendah Risiko Penularan Covid-19

"Kapasitas pengembangan sains yang kita lakukan saat itu bekerja dengan baik dan kemudian membawa akumulatif knowledge sampai sekarang," ujar Ketua Pelaksana Harian Komisi Nasional Flu Burung dan Pandemi Influenza (Komnas FPBI) 2006-2010 sekaligus Wakil Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Dr. Bayu Krishnamurti, di Graha BNPB, Jumat (10/7/2020) lalu.

Sebagai akademisi di bidang kesehatan masyarakat, Wiku telah menerbitkan sejumlah penelitian dan buku yang berfokua pada sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi.

Berikut daftarnya:

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas