Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Hari Ini Simulasi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dilakukan Bio Farma

Bio Farma sebagai induk holding BUMN melaksanakan kick off meeting dan simulasi uji klinis vaksin Covid-19 hari ini, Kamis (6/8/2020).

Hari Ini Simulasi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dilakukan Bio Farma
Foto Nikkei
Ilustrasi Vaksin Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Bio Farma sebagai induk holding BUMN melaksanakan kick off meeting dan simulasi uji klinis vaksin Covid-19 hari ini, Kamis (6/8/2020).

Dengan pelaksanaan kick off meeting dan simulasi ini, pengembangan vaksin Covid-19 ini bisa segera terwujud.

Bio Farma siap melakukan uji klinis tahap tiga untuk vaksin Covid-19.

Sebagai tahap awal uji klinis tahap tiga, vaksin dari Sinovac, Tiongkok, sudah tiba di Bio Farma pada 19 Juli 2020. Ada sebanyak 2.400 vaksin.

Kedatangan vaksin Covid-19 dari Sinovac akan digunakan untuk kebutuhan fase uji klinis tahap tiga pada Agustus ini.

Bio Farma melaksanakan kick off meeting dan simulasi uji klinis vaksin Covid-19, Kamis (6/8/2020).
Bio Farma melaksanakan kick off meeting dan simulasi uji klinis vaksin Covid-19, Kamis (6/8/2020). (Tribun Jabar/Siti Fatimah)

Kedatangan vaksin Covid-19 dari Tiongkok ini tidak terlepas dari dukungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) dan peran Kementerian Luar Negeri RI yang membantu dalam proses kedatangan vaksin Covid-19 dari Tiongkok hingga ke Indonesia, sebagai diplomatic goods.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan, uji klinis vaksin Covid-19 dijadwalkan akan berjalan selama enam bulan, sehingga ditargetkan akan selesai pada Januari 2021.

“Apabila uji klinis vaksin Covid-19 tahap tiga lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya pada Q1 2021 mendatang, dan kami sudah mempersiapkan fasilitas produksinya di Bio Farma dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis”, kata Honesti.

Baca: Relawan Uji Vaksin Covid-19 Bukan Kelinci Percobaan

Baca: Maruf Ingin MUI Siapkan Fatwa terkait Vaksin Covid-19

Seorang pegawai melintas saat jam pulang kerja di Puskesmas Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020). Puskesmas Dago, salah satu yang ditunjuk di Kota Bandung menjadi tempat pendaftaran relawan untuk menjalani uji klinis vaksin anticorona buatan Cina. Pihak puskesmas terlebih dulu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus meminta dukungan RT, RW, kelurahan, dan kecamatan sebelum menerima pendaftaran relawan uji klinis vaksin anticorona tersebut. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) *** Local Caption *** Puskesmas Dago Tempat Pendaftaran Relawan Uji Klinis Vaksin Anticorona Buatan Cina
Seorang pegawai melintas saat jam pulang kerja di Puskesmas Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020). Puskesmas Dago, salah satu yang ditunjuk di Kota Bandung menjadi tempat pendaftaran relawan untuk menjalani uji klinis vaksin anticorona buatan Cina. Pihak puskesmas terlebih dulu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus meminta dukungan RT, RW, kelurahan, dan kecamatan sebelum menerima pendaftaran relawan uji klinis vaksin anticorona tersebut. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) *** Local Caption *** Puskesmas Dago Tempat Pendaftaran Relawan Uji Klinis Vaksin Anticorona Buatan Cina (puspen tni/puspen tni)

Honesti mengatakan, alasan pemilihan Sinovac sebagai mitra adalah platform vaksin/metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma saat ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas