Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pernyataan Sikap ILUNI: Ego Sektoral Hambat Penanganan Covid-19

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menilai, Pemerintahan Presiden Jokowi belum maksimal dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pernyataan Sikap ILUNI: Ego Sektoral Hambat Penanganan Covid-19
Istimewa
Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menilai, Pemerintahan Presiden Jokowi belum maksimal dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menilai, Pemerintahan Presiden Jokowi belum maksimal dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Akibatnya, temuan kasus positif Covid-19 makin bertambah dan makin meluas di berbagai daerah. Tidak maksimalnya penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air menurut ILUNI UI dipicu oleh terlalu kuatnya ego sektoral antar kementerian dan lembaga di internal pemerintah sendiri.

Dalam sebuah sesi konferensi pers via aplikasi Zoom yang diikuti Tribunnews dan sejumlah media siang ini, Kamis, 6 Agustus 2020, ILUNI mengeluarkan pernyataan sikap yang merespon kondisi nasional terkini di tengah pandemi dan disampaikan langsung Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian.

Baca: Hari Ini Simulasi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dilakukan Bio Farma

Andre mengatakan, masih ada ego sektoral dan perbedaan pengambilan kebijakan dalam koordinasi penanganan COVID-19 antara lembaga, kementerian, dan pemerintah daerah (pemda).

“Kami menilai dalam hal penanganan wabah yang sifatnya nasional, kendali seharusnya berada di tangan pusat, lalu disinergikan oleh pemda,” ujar Andre.

Tawarkan Solusi

ILUNI UI kemudian menyampaikan solusi konsep kepemimpinan berbasis lokal untuk mendorong semua pemangku kepentingan memaksimalkan solidaritas. Skenario tersebut dilakukan dengan variasi model-model yang menyesuaikan kultur lokal.

Baca: BPOM Beri Penjelasan soal Klaim Hadi Pranoto: Bukan Obat untuk Covid-19, Mereknya Bio Nuswa

Tujuannya, agar penanganan perang menghadapi Covid-19 dapat bersifat menyeluruh dan terpadu. “Konsep kepemimpinan berbasis lokal ini telah kami sajikan secara rinci didukung berbagai pendapat pakar dalam kertas kerja rekomendasi penanganan Covid-19 dari ILUNI UI,” beber Andre.

Andre juga menegaskan perlu ada evaluasi substansial dalam aspek pemerintahan di bidang kesehatan demi kepentingan publik. Evaluasi tersebut terutama menyangkut perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan.

“ILUNI UI melihat keselamatan tenaga kesehatan merupakan hal yang krusial dalam penanganan pandemi. Mereka adalah benteng terakhir penanggulangan pandemi Covid-19,” kata Andre.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas