Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Menristek/BRIN: Pengembahan Vaksin Covid-19 Berpacu dengan Waktu

Tidak ada yang menjamin bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan saat ini bisa manjur untuk meningkatkan imunitas tubuh menghadapi serangan virus

Menristek/BRIN: Pengembahan Vaksin Covid-19 Berpacu dengan Waktu
ist
Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro saat menjadi pembicara kunci di webinar kuliah umum bertajuk Riset dan Inovasi Selama Masa New Normal, Jumat (4/9/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Riset dan TeknologiKepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menyatakan, riset dan pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia saat ini berpacu dengan waktu karena menghadapi ketidakpastian.

Menurutnya, tidak ada yang menjamin bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan saat ini bisa manjur untuk meningkatkan imunitas tubuh menghadapi serangan virus Covid-19.

Untuk mengatasi pelemahan ekonomi ini, harus menempuh dua cara. Dari segi kesehatan, dimana serangan Covid-19 harus segera ditangani, maupun dari segi ekonominya. Untuk mengatasi Covid-19 tidak mudah, karena merupakan virus baru dan belum ada obat secara resmi yang datang mengatasinya.

"Pengembangan vaksi berpacu dengan waktu dan berhadapan dengan ketidakpastian."

"Ini karena tidak ada yang menjamin bahwa vaksin yang dikembangkan saat ini bisa manjur meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi Covid-19," kata Bambang PS Brodjonegoro saat menjadi pembicara kunci di webinar kuliah umum bertajuk Riset dan Inovasi Selama Masa New Normal yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-Indonesia Banking School (STIE-IBS) di Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Menurut Bambang, pandemi Covid-19 akan tetap berlangsung. Sehingga, adaptasi kebiasaan baru menjadi solusi, dimana kita harus bisa melakukan kegiatan secara sehat dan produktif.

Baca: Kakek 82 Tahun Nekat Mencuri Kotak Sampel Tes Corona, Ternyata untuk Alasan Sepele Ini

"Protokol kesehatan covid harus diterapkan secara disiplin. Hanya itu cara kita untuk memutus penyebaran wabah tersebut. Harapannya, dengan menjaga kesehatan dengan protokol yang ketat maka ekonomi bisa berjalan," paparnya.

Seiring dengan upaya Pemerintah mengembangkan vaksin Covid-19, menghadapi pandemi saat ini Kementerian Ristek memiliki strategi dengan membentuk konsorsium riset dan inovasi selama masa pandemi covid 19 ini.

"Karena kami melihat dan mengantisipasi bahwa Indonesia membutuhkan masukan dalam berbagai hal dan peran ilmuwan, termasuk dosen dan peneliti untuk mengatasi pandemi ini," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas