Tribun

Virus Corona

Tingginya Klaster Keluarga Menjadi Perhatian Presiden Jokowi

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan klaster keluarga terus meningkat pada September ini.

Tingginya Klaster Keluarga Menjadi Perhatian Presiden Jokowi
Dok Kemen PPPA
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayogadi Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/9/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan klaster keluarga terus meningkat pada September ini.

Menurutnya, klaster keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat.

"Nah ini menjadi perhatian dari bahwa Presiden sehingga bapak Presiden memberikan arahan kepada saya dan dan jajaran Kementerian untuk kita melakukan langkah-langkah," kata Bintang dalam dialog di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, (25/9/2020).

Baca: Sebaran Virus Corona Indonesia Jumat (25/9/2020): Tambah 4.343 Kasus Sembuh, 1.620 dari DKI

Adapun menurut Bintang, langkah-langkah yang akan dilakukan kementeriannya dalam menekan bertambahnya jumlah klaster keluarga yakni dengan membuat protokol kesehatan di keluarga berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

"Arahan beliau (Presiden) juga bagaimana kami mengkampanyekan dan mensosialisasikan secara masif berkaitan dengan protokol kesehatan 3M dengan selalu pakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak," katanya.

Baca: Sebaran Virus Corona Indonesia Jumat (25/9/2020): Tambah 4.343 Kasus Sembuh, 1.620 dari DKI

Dalam mencegah bertambahnya klaster keluarga menurut dia yakni dengan mengurangi pertemuan-pertemuan secara offline atau tatap muka diantara keluarga besar.

"Misalnya hari ulang tahun kemudian misalnya dengan Komunitas ada reuni, arisan. kalau toh itu harus dilakukan itu kita bisa lakukan secara daring. Kita kan sudah diperkenalkan dengan sistem daring dalam situasi pandemi ini. itu hal-hal yang perlu kita perhatikan." katanya.

Kasus Covid-19 terkini

Tambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia hari ini, Jumat (25/9/2020), kembali memecah rekor penambahan kasus tertinggi selama pandemi Covid-19 melanda negeri ini.

Menurut data di laman covid19.go.id, tercatat ada penambahan 4.823 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas