Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun

Penanganan Covid

Seberapa Efektif Inovasi Air Purifier Turbo Tangkal Covid-19? LIPI Bakal Uji Di Lab Khusus

Sementara itu, Menristek Bambang pun mengapresiasi inovasi yang dikembangkan oleh SCNP untuk bidang kesehatan itu.

Seberapa Efektif Inovasi Air Purifier Turbo Tangkal Covid-19? LIPI Bakal Uji Di Lab Khusus
IST
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro saat pemaparan air purifier SCNP 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) baru saja menyampaikan pemaparan salah satu inovasinya yakni Air Purifier Turbo kepada Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro.

Daam agenda yang dilakukan di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2020) itu, Direktur Utama SCNP Hendrik Nursalim menjelaskan terkait fungsi serta manfaat Air Purifier Turbo bagi pelaku industri, baik perkantoran dan pabrik maupun rumah tangga.

"Udara yang sehat, bersih dan minim dari kuman, polutan, virus, bakteri yang dapat membahayakan kesehatan manusia, merupakan proposi nilai utama dan sangat dibutuhkan oleh pelaku industri perkantoran, pabrik dan rumah tangga saat ini," kata Hendrik, dalam keterangan resmi.

Baca juga: Dari Refreshing Doping Control Officer LADI: Tenaga Pengawas Doping Wajib Penuhi Prokes Covid-19

Sementara itu, Menristek Bambang pun mengapresiasi inovasi yang dikembangkan oleh SCNP untuk bidang kesehatan itu."Perangkat Air Purifier Turbo dari SCNP merupakan inovasi positif dalam ranah kesehatan yang memberikan rasa nyaman bagi manusia dengan membuat udara menjadi bersih dari polutan," jelas Bambang.

Bambang menilai inovasi ini memiliki potensi untuk dilakukan pengujian lebih lanjut terhadap virus corona (Covid-19).

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal : Ulama Harus Bantu Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19

Bahkan Bambang menunjuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk berkolaborasi dengan SCNP dalam menguji seberapa besar tingkat efektivitas Air Purifier Turbo untuk melawan virus tersebut.

"Perangkat ini seperti suplemen, yang potensinya sangat layak untuk diuji lebih lanjut dalam upaya membasmi Covid-19. Untuk itu LIPI siap berkolaborasi dengan SCNP dalam melakukan pengujian efektivitas Air Purifier Turbo secara langsung terhadap virus Covid-19 di laboratorium khusus," tegas Bambang.

Baca juga: Jika Vaksin Covid-19 Aman dan Halal, Nasaruddin Umar : Tidak Ada Alasan Menolak Vaksinasi

Senada dengan apa yang disampaikan Menristek Bambang, Bendahara Palang Merah Indonesia (PMI) Suryani Motik melihat inovasi ini memang memiliki relevansi dengan bidang kesehatan dan kemanusiaan."Manfaat Air Purifier sangat relevan dengan aspek kesehatan dan juga kemanusiaan," kata Suryani.

Dalam pemaparan tersebut, Direktur Operasi SCNP Shirly Effendy menyatakan bahea inovasi ini dapat memenuhi kebutuhan manusia terkait udara yang bersih dari polutan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas