Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekolah Tatap Muka Dibolehkan, Orang Tua Harus Ingat Pesan Ibu Untuk Cegah Penularan Covid-19

Prof Arief Rachman memberikan saran untuk orangtua agar mempersiapkan anak-anaknya yang akan mulai kembali sekolah tatap muka.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Sekolah Tatap Muka Dibolehkan, Orang Tua Harus Ingat Pesan Ibu Untuk Cegah Penularan Covid-19
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
UJI COBA PTM - Sebanyak 18 siswa kelas IX SMPN 1 Surabaya saat mengukuti materi pelajaran IPA pada uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (7/12). Rencananya Pemkot Surabaya menggelar uji coba PTM selama 2 minggu di 14 SMP negeri dan swasta guna persiapan sekolah tatap muka yang diinstruksikan kemendikbud pada Januari 2021. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sekian lama menjalani kegiatan pembelajaran secara daring (online) akibat pandemi Covid-19, siswa kini diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Pakar dan Praktisi Pendidikan, Prof Arief Rachman memberikan saran untuk orangtua agar mempersiapkan anak-anaknya yang akan mulai kembali sekolah tatap muka.

Pesan ibu untuk patuh protokol kesehatan 3 M, Memakai Masker, menjaga jarak, mencuci tangan harus ditanamkan kepada anak-anak guna mencegah penularan virus corona di sekolah.

Bukan hanya itu, dia berpesan, agar orangtua membekali anak-anaknya dengan masker, menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, dan makanan dari rumah.

“Saya hanya berpesan kepada semua orangtua ingat pesan ibu itu betul, yakni orang tua harus membekali anak-anak untuk pakai masker, adanya tempat cuci tangan. Kalau memang harus ke sekolah, makanan jangan dari kantin, tapi bawa sendiri dari rumah,” ujar Arief Rachman dalam diskusi ‘Sekolah Dibuka Lagi, apa yang haru Dipersiapkan,’ seperti disiarkan langsung di akun Instagram Katadata, Jumat (11/12/2020).

Pendiri dan pembina Sekolah Menengah Garuda Cendikia tersebut pun mengingatkan agar alat-alat tulis disiapkan lengkap dari rumah, sehingga tidak terjadi pinjam meminjam atau sentuhan fisik satu dengan yang lain.

BERITA TERKAIT

“Orangtua harus melihat alat tulis anaknya sudah lengkap atau tidak,” ucapnya.

Kemudian kata dia, sebisa mungkin anak-anak diantar dengan mamakai kendaraan pribadi ke sekolah oleh orangtua atau anggota keluarga yang lain.

Baca juga: Update Corona 11 Desember: Bertambah 6.310, Total Kasus Positif Covid-19 di Indonesia 605.243

“Kalau bisa antar jemput itu oleh orang tua atau oleh supir yang pakai masker juga seperti pesan Ibu. Semuanya harus ingat kepada pesan ke ibu,” ujarnya.

Namun, ia tetap meminta pemerintah tidak terlalu tergesa-gesa untuk mulai melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah, di saat pandemi Covid-19 masih belum hilang dari tanah air.

“Jangan tergesa-gesa. Semua itu harus ada informasi harus mempunyai data daerah-daerah sekolah berada dan murid-murid tinggal di daerah hijau, merah atau hampir hitam,” ujarnya.

“Terus terang saja itu harus diketahui persis jika Januari mau ditetapkan. Saya mau bertanya sekolah mana yang mau dibuka? Jadi kita harus tahu dan harus detil,” ucap Arief.

Karena menurut dia, tidak gampang untuk bisa memberikan jaminan 100 persen sekolah dapat menerapkan protokol kesehatan kepada anak-anak.

Baca juga: Kemenristek: Indonesia Sebentar Lagi Punya Alat Deteksi Covid-19 Melalui Napas

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas