Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

FDA AS Sebut Vaksin Covid-19 Buatan Moderna Aman dan Efektif

Kabar ini datang di saat pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari 300.000 orang di AS dan pemerintah mengandalkan vaksin Moderna

FDA AS Sebut Vaksin Covid-19 Buatan Moderna Aman dan Efektif
JOEL SAGET / AFP
Ilustrasi vaksin Moderna - Gambar kreatif ini diambil di sebuah studio di Paris pada 16 November 2020, menunjukkan jarum suntik dan botol vaksin dengan logo Moderna, menggambarkan pengumuman vaksin eksperimental terhadap Covid-19 dari Moderna yang 95% efektif 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON -- Vaksin Covid-19 buatan Moderna dinyatakan aman dan efektif oleh otoritas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) AS, pada Selasa (15/12/2020) waktu setempat.

Kabar ini datang di saat pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari 300.000 orang di AS dan pemerintah mengandalkan vaksin Moderna untuk membantu memenuhi target untuk memvaksinasi 20 juta warganya pada bulan ini.

Kabar baik ini merupakan sinyal positif menjelang rapat FDA pada Kamis (17/12/2020), untuk memutuskan apakah akan mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin Moderna atau tidak.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Digratiskan, Politikus PDIP Minta Pemerintah Edukasi dan Sosialisasi ke Masyarakat

Moderna adalah vaksin kedua yang dipertimbangkan FDA, sebelumnya ada vaksin dari Pfizer dan BioNTech Jerman, yang disahkan minggu lalu. Rumah sakit di AS mulai memberikan suntikkan vaksin Pfizer pada Senin (15/12/2020).

New York Times, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa keputusan FDA tentang vaksin Moderna akan diumumkan pada Jumat (18/12/2020).

Anggota staf FDA mengatakan dalam dokumen yang disiapkan untuk pertemuan itu bahwa rejimen dua dosis vaksin Moderna sangat efektif dalam mencegah kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan tidak menimbulkan masalah keamanan khusus pada orang dewasa di atas usia 18 tahun.

Baca juga: Aji Santoso Bicara Ini Soal Vaksin Covid-19

Staf FDA menyebut sekitar 94 persen vaksin Moderna efektif.

Moderna merilis data dalam dokumen yang mendukung pernyataan sebelumnya bahwa vaksin dapat mencegah kasus asimptomatik atau tanpa gejala Covid-19.

Baik Moderna dan Pfizer merancang uji klinis tahap akhir mereka untuk menunjukkan bahwa vaksin tersebut mampu mencegah Covid-19 yang lebih signifikan, dengan harapan bahwa suntikan dapat mencegah rawat inap dan kasus kematian.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas