Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aturan Perjalanan Diperpanjang dan Diperketat, Ini Hal-hal yang Harus Dipatuhi

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memutuskan untuk memperpanjang dan memperketat aturan mengenai pembatasan perjalanan orang di dalam negeri.

Aturan Perjalanan Diperpanjang dan Diperketat, Ini Hal-hal yang Harus Dipatuhi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Calon penumpang mengantre untuk melakukan rapid test di Stasiun Senen Jakarta, Sabtu (19/12/2020) - Satgas Covid-19 memutuskan untuk memperpanjang dan memperketat aturan mengenai pembatasan perjalanan orang di dalam negeri. 

TRIBUNNEWS.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memutuskan untuk memperpanjang dan memperketat aturan mengenai pembatasan perjalanan orang di dalam negeri.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19 ini berlaku mulai 9 Januari hingga 25 Januari 2021.

Surat edaran di atas juga didasarkan atas peningkatan penularan Covid-19 yang masih tinggi ditandai oleh positivity rate, kasus aktif dan penambahan kasus positif di tingkat nasional.

Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo menjelaskan, perpanjangan ini dimaksudkan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat akibat perjalanan orang dari satu wilayah ke wilayah yang lain.

“Peraturan ini berlaku bagi seluruh pengguna moda transportasi pribadi maupun umum, baik melalui udara, perkeretaapian, darat maupun laut.” katanya dikutip dari covid19.go.id, Sabtu (9/1/2021).

Doni menegaskan, seluruh pengguna moda transportasi pribadi maupun umum, wajib menjalankan protokol kesehatan sebagai berikut:

Baca juga: BPOM Harap Bisa Keluarkan Izin Darurat untuk Vaksin Covid-19 Kelompok Lansia

Baca juga: Klaster Pondok Pesantren, Satgas  Covid-19 Kabupaten Bogor Tracing 300 Santri di Bojonggede

Doni Monardo
Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

Pertama, setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan hindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Kedua, pengetatan protokol kesehatan sepanjang perjalanan yang perlu dilakukan berupa penggunaan masker wajib secara benar menutupi hidung dan mulut dengan jenis masker kain 3 lapis atau masker medis.

Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum.

Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, kecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat untuk keselamatan dan kesehatannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas