Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Vaksin Sinovac, Harapan Baru Selamatkan Indonesia

pemerintah mesti menjamin proses vaksinasi massal yang akan dilakukan benar-benar mudah bagi masyarakat baik dari segi akses maupun pada proses vaksin

Vaksin Sinovac, Harapan Baru Selamatkan Indonesia
Tribunnews.com, Vincentius Jyestha
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Demokrat Anwar Hafid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Demokrat Anwar Hafid mengatakan vaksin dan vaksinasi merupakan harapan baru keselamatan bagi negeri ini.

Apalagi kemarin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah resmi mengeluarkan izin darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin covid-19 buatan Sinovac. 

Begitu juga, Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyampaikan secara resmi penetapan fatwa halal terhadap vaksin covid-19 tersebut. 

"Setelah keluarnya izin Badan POM dan Fatwa Halal MUI, maka kita tidak punya lagi alasan apa-apa untuk takut akan bahaya vaksin dan vaksinasi yang akan dilakukan pemerintah. Karena dua jaminan telah terpenuhi, pertama jaminan akan kesehatan dan kedua jaminan akan kehalalan akan vaksin covid-19 buatan Sinovac," ujar Anwar, ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (12/1/2021).

Namun ditengah harapan baru tersebut, Anwar mengungkap ada beberapa hal penting yang mesti tetap menjadi catatan bagi pemerintah. Terutama agar harapan akan kesembuhan Indonesia lewat vaksin Sinovac tidak berujung kekecewaan.

Catatan pertama adalah soal kemudahan.

Menurutnya, pemerintah mesti menjamin proses vaksinasi massal yang akan dilakukan benar-benar mudah bagi masyarakat baik dari segi akses maupun pada proses vaksinasi tersebut.

"Pemerintah harus berani, merumuskan skema bagi proses vaksinasi tersebut bersama pemerintah daerah yang efektif dan mudah diakses oleh publik secara langsung," kata dia. 

Baca juga: Vaksin Covid-19 Aman dan Halal, Menteri Agama: Jangan Ragu Ikut Vaksinasi

Catatan kedua terkait dengan kepastian.

Anwar mengatakan yang penting bagi proses vaksinasi yang akan berjalan adalah kepastian terkait waktu pelaksanaan, kepastian terkait orang per orang hingga kepastian terkait ketersedian vaksin

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas