Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Efikasi Vaksin Sinovac di Brasil Berubah dari 78% Menjadi 50,4%, Ini Alasannya

Efikasi atau khasiat vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil mengalami perubahan menjadi 50,4 persen.

Efikasi Vaksin Sinovac di Brasil Berubah dari 78% Menjadi 50,4%, Ini Alasannya
The Jakarta Post
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Efikasi atau khasiat vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil mengalami perubahan menjadi 50,4 persen. 

TRIBUNNEWS.COM - Efikasi atau khasiat vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil mengalami perubahan menjadi 50,4 persen.

Angka ini turun dari sebelumnya yang menyatakan efikasi vaksin Sinovac berdasarkan hasil uji klinis di Brasil sebesar 78 persen.

Efikasi vaksin Sinovac sebesar 78 persen di Brasil juga sempat disampaikan oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito, saat menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 atau emergency use authorization (EuA) untuk vaksin Sinovac di Indonesia pada Senin lalu.

Dikutip dari BBC.com, Rabu (13/1/2021), awalnya pada pekan lalu, para peneliti di Butantan Institute Brasil mengumumkan vaksin Sinovac asal Tiongkok ini memiliki efikasi sebesar 78 persen dalam melawan kasus Covid-19 ringan hingga berat.

Namun, pada Selasa kemarin atau sehari setelah BPOM RI menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac di Indonesia, para peneliti di Butantan Institute mengungkapkan penghitungan efikasi sebesar 78 persen tidak termasuk data dari kelompok infeksi sangat ringan yang tidak memerlukan bantuan klinis. 

Baca juga: Sosok Abdul Muthalib, Dokter yang Menyuntikan Vaksin Covid-19 Sinovac ke Tubuh Presiden Jokowi

Setelah data dari kelompok penerima vaksin dengan kategori infeksi sangar ringan ini dimasukkan, efikasi vaksin Sinovac menjadi 50,4 persen, demikian kata peneliti.

Meski demikian, peneliti di Butantan menegaskan bahwa vaksin Sinovac 78 persen efektif mencegah kasus ringan Covid-19 yang membutuhkan pengobatan dan 100 persen efektif dalam mencegah kasus Covid-19 sedang hingga serius.

Sebelumnya, dalam jumpa pers dikeluarkannya izin penggunaan darurat vaksin Sinocav pada Senin lalu, Kepala BPOM menyatakan hasil uji klinis fase 3 di Bandung bahwa efikasi vaksin sinovac sebesar 65,3 persen.

Selain Indonesia, Brasil dan Turki juga telah melakukan uji klinis fase 3 dimana hasilnya efikasi vaksin Sinovac di Turki sebesar 91,25 persen dan Brasil sebesar 78 persen.

Baca juga: Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac, Ketua Kadin: Tak Ada Keluhan Apapun, Tak Lebih dari Lima Menit

Brasil sendiri saat ini menjadi negara ketiga dengan jumlah kasus Corona terbanyak di dunia.

Halaman
1234
Penulis: Daryono
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas