Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

10 Orang Terinfeksi Virus Corona Baru, 6 Terinfeksi di Luar Negeri, 4 Transmisi Lokal

Kemenkes memastikan bahwa tidak ada satu pun dari 10 kasus tersebut yang terpapar varian mutasi ganda B.1.617.

10 Orang Terinfeksi Virus Corona Baru, 6 Terinfeksi di Luar Negeri, 4 Transmisi Lokal
Kemenhub Laut
Ilustrasi: Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang bekerja di Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berhasil dipulangkan ke daerah asal 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, 10 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia baru-baru ini merupakan penularan dari varian baru B.1.1.7.

Kemenkes memastikan bahwa tidak ada satu pun dari 10 kasus tersebut yang terpapar varian mutasi ganda B.1.617. "Ini Bapak (Menkes) cerita (seluruhnya) B.1.1.7 yang kemarin ditemukan," ujar Nadia,  Senin (26/4).

Informasi Nadia ini memperjelas pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di hari yang sama, yang mengungkapkan bahwa tercatat 10 orang di Indonesia yang terpapar varian baru virus penyebab Covid-19.

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 Tersedia 20 Hari ke Depan, Ada Tambahan Sinovac dan AstraZeneca

Menurut Budi, varian mutasi baru ini sama dengan yang ada di India dan menyebabkan lonjakan kasus di negara itu. "Soal mutasi virus baru yang menyebabkan kasus di India meningkat, bahwa virus itu juga sudah masuk di Indonesia. Ada 10 orang yang sudah terkena virus tersebut," ujar Budi, usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, kemarin. 

Budi tidak menyebutkan secara spesifik mutasi dengan varian yang dimaksudnya. Ia hanya mengatakan, enam orang tertular dari luar ngeri dan empat lainnya merupakan transmisi local.

“Ini yang perlu kita jaga. Dua orang di Sumatera, satu orang di Jawa Barat, dan satu orang di Kalimantan Selatan. Ini yang kita perlu jaga,” katanya.

Baca juga: Cegah Penularan COVID-19, Ketua Satgas Ajak Masyarakat Mudik Secara Virtual

Menkes mengingatkan agar provinsi lain meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penularan virus baru ini.

"Jadi untuk provinsi-provinsi di Sumatera, di Jawa Barat dan Kalimantan, kita akan menjadi lebih sangat hati-hati untuk selalu mengontrol, apakah ada mutasi baru atau tidak," jelasnya.

Siti Nadia mempertegas bahwa 10 kasus positif Covid-19  tersebut merupakan varian B.1.17, bukan B.1.617.

Baca juga: Kasus Covid-19 di India Meroket, Orang-orang Kaya Sewa Jet untuk Tinggalkan Negara

Varian B.1.1.7 ini diketahui lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal virus corona yang ditemukan di Wuhan, China. Varian B.1.1.7 telah dilaporkan di banyak negara di dunia, sejak kali pertama ditemukan di Inggris dan merupakan mutasi pertama dari virus SARS-CoV-2 ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas