Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selamatkan Penerus Bangsa, BIN Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar SMP-SMA

Penularan covid-19 di kalangan pelajar cenderung naik. Anak menjadi salah satu spreader (penularan) di klaster keluarga.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Selamatkan Penerus Bangsa, BIN Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar SMP-SMA
Istimewa
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan saat meninjau vaksinasi untuk pelajar SMP dan SMA di BSD, Tangerang, Banten, Senin (19/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Penularan covid-19 di kalangan pelajar cenderung naik. Anak menjadi salah satu spreader (penularan) di klaster keluarga, yang berkontribusi 85 persen total kasus positif di Indonesia.

Peningkatan kasus positif Covid-19 mendorong Badan Intelejen Negara (BIN) lebih fokus pada anak-anak  SMP dan SMA, karena mereka adalah generasi yang harus diselamatkan sebagai penerus bangsa.

Hal ini dikatakan Badan Intelijen Negara, Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan saat melakukan peninjauan langsung pelaksanaan vaksinasi pelajar secara door to door, Senin (19/7/2021).

Dua lokasi yang dikunjungi Budi Gunawan untuk melakukan vaksinasi adalah di Kesatuan Junior High School Bogor, Komplek Pulo Armen, Jalan Raya Pajajaran, Baranangsiang, Bogor dan Islamic School Al Azhar BSD, Tangsel, Banten.

Acara ini sekaligus memberikan bansos (bantuan sosial) berupa sembako termasuk vitamin secara door to door serentak di Banten dan Bogor.

Baca juga: Program Vaksinasi Harus Digenjot Hingga ke Pelosok-pelosok Daerah

Baca juga: PBNU Targetkan Vaksinasi 3 Ribu Orang di Masjid Raya Hasyim Asyari Jakarta Barat

Budi Gunawan menegaskan, kegiatan ini adalah atas perintah Presiden Jokowi, setelah sebelumnya para guru-guru divaksin. 

BERITA TERKAIT

Ketika penularan Covid-19 dapat dikendalikan dan masyarakat telah beradaptasi dengan prokes 5 M, maka proses belajar mengajar baik tatap muka atau dikombinasi dengan sistem belajar online dapat segera diterapkan.

Ilustrasi vaksinasi. Bagi diabetesi, kadar gula darah harus normal agar lolos syarat vaksinasi. berikut ini merupakan tips menjaga gula darah.
Ilustrasi vaksinasi. Bagi diabetesi, kadar gula darah harus normal agar lolos syarat vaksinasi. berikut ini merupakan tips menjaga gula darah. (Shutterstock)

“Tentunya prorgam vaksinasi ini dilandaskan pada pendekatan ilmiah, kemanjuran dan keamanan telah melewati berbagai jenis uji.

Baca juga: Airlangga Hartarto Minta Ulama Bantu Sosialisasi ke Umat soal Pentingnya Vaksinasi

Oleh karena itu diharapkan mampu memutus mata rantai penularan, memperkecil risiko klaster keluarga, dan mengurangi risiko fatal (kematian) jika terinfeksi Covid-19,” katanya

Seperti diketahui, katanya, satu diantara sembula kasus positif adalah anak-anak dan jumlah anak Indonesia yang tertular Covid-19 sebanyak sembilan persen dari total yang terinfeksi. 

Data pada Minggu (18/7/2021) menunjukkan dari 2,9 juta total kasus positif terdapat 250.000 kasus anak.

“Untuk itu, para orang tua dan para pelajar SMP-SMA tidak perlu takut dan khawatir dengan berbagai berita hoax fan fake news yang beredar di dunia maya.

Vaksin tidak hanya menyelamatkan diri sendiri tetapi orang lain. Apalagi saat ini belum ada jenis proteksi lain dalam menghadapi Covid-19 sebaik yang diberikan vaksin.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas