Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Pasar Tradisional Dibuka Kembali, Ini Respons Ikappi

perlu mengatur alur masuk pengunjung pasar supaya tidak menimbulkan kerumunan saat PPKM level 4

Pasar Tradisional Dibuka Kembali, Ini Respons Ikappi
Tribunnews/Irwan Rismawan
Porter mengangkat barang di depan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/7/2021). Pasar Tanah Abang kembali dibuka mulai Senin (26/7), mengikuti penyesuaian aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang telah ditetapkan pemerintah dengan syarat seluruh pedagang, pegawai toko, dan pengunjung yang akan masuk sudah divaksin Covid-19 dan dibuktikan dengan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) merespons dibukanya kembali pasar tradisional. Sesuai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkini.

Sekretaris Jenderal DPP Ikappi, Reynaldi Sarijowan mengatakan pihaknya mengapresiasi kebijakan pemerintah terkait pelonggaran PPKM, sehingga pasar tradisional dibuka kembali.

"Kita Ikappi mengapresiasi kebijakan pemerinrah. Berdasarkan pengumuman presiden tadi malam, pasar tradisional dibuka seperti biasa," ujarnya, Senin (26/7).

Pemerintah diminta melakukan evaluasi teknis di lapangan.

Baca juga: PPKM Level 4 di DKI Jakarta, Pasar Tanah Abang Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini

Petugas memeriksa kartu vaksinasi pengunjung yang akan memasuki Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/7/2021). Pasar Tanah Abang kembali dibuka mulai Senin (26/7), mengikuti penyesuaian aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang telah ditetapkan pemerintah dengan syarat seluruh pedagang, pegawai toko, dan pengunjung yang akan masuk sudah divaksin Covid-19 dan dibuktikan dengan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi. Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas memeriksa kartu vaksinasi pengunjung yang akan memasuki Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/7/2021). Pasar Tanah Abang kembali dibuka mulai Senin (26/7), mengikuti penyesuaian aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang telah ditetapkan pemerintah dengan syarat seluruh pedagang, pegawai toko, dan pengunjung yang akan masuk sudah divaksin Covid-19 dan dibuktikan dengan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Misal, mengedepankan langkah humanis saat menegur para pedagang atau masyarakat yang berada di pasar.

Selain itu, ucap Reynaldi, perlu juga pemerintah membantu sarana dan prasarana yang menunjang protokol kesehatan (prokes) di pasar.

"Seperti sabun cuci tangan, masker, ini penting bagi pedagang. Ada pembagian bantuan dari TNI dan Polri kami apresiasi," kata Reynaldi.

Baca juga: Ini Perbedaan Aturan Soal Operasional Mal, Restoran, hingga Warung Makan pada PPKM Level 4 & Level 3

Reynaldi mengingatkan pentingnya mengontrol dan mengawasi protokol kesehatan di pasar.

Demi memberikan rasa aman dan kenyamanan para pembeli, lanjut dia, pemerintah juga perlu mempercepat vaksinasi, terutama untuk para pedagang.

Suasana lenggang dan masih banyaknya toko yang tutup  pada hari pertama pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 Pasar  Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin(26/7/2021). Pusat tekstil terbesar se-Asia Tenggara ini mulai kembali beroperasi dari pukul 07.00-15.00 dengan menyiagakan sekitar 750 petugas untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Suasana lenggang dan masih banyaknya toko yang tutup pada hari pertama pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin(26/7/2021). Pusat tekstil terbesar se-Asia Tenggara ini mulai kembali beroperasi dari pukul 07.00-15.00 dengan menyiagakan sekitar 750 petugas untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Halaman
123
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas