Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

PMI Siapkan Infrastruktur untuk Percepatan Vaksinasi 100.000 Warga Setiap Hari

PMI sedang menyiapkan infrastruktur dan jejaringnya untuk mendukung percepatan vaksinasi sebagai kelanjutan dari operasi penanggulangan wabah Covid-19

PMI Siapkan Infrastruktur untuk Percepatan Vaksinasi 100.000 Warga Setiap Hari
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi: Anak-anak menjalani vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Forum Bandung Sehat di Gedung Binangkit PKK Kota Bandung, Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021). Vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang diikuti sekitar seribu anak se-Kota Bandung usia 12-18 tahun itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2021. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) sedang menyiapkan infrastruktur dan jejaringnya untuk mendukung percepatan vaksinasi sebagai kelanjutan dari operasi penanggulangan wabah Covid-19.

Wakil Ketua Umum PMI, Prof Ginandjar Kartasasmita mengatakan kesiapan infrastuktur PMI dilakukan setelah melakukan evaluasi internal.

Menurutnya persiapan internal PMI terus dilakukan dan terus berkomunikasi dengan pemerintah untuk menjelaskan kesiapan PMI dalam mempercepat vaksinasi.

“Dari assessment internal yang kami lakukan, PMI mampu menyelenggarakan vaksinasi untuk 100.000 warga per hari,” kata Ginandjar, Kamis (29/7/2021)

Menurutnya, ini tugas yang tidak mudah, saat pemerintah menargetkan 1 juta vaksin per hari.

Namun, PMI menyadari vaksinasi menjadi salah satu solusi atasi pandemi.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Mahal dan Sulitnya Obat Terapi Covid-19 Jadi Perhatian Pemerintah

“Karena itu, kepada pemerintah PMI telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu mempercepat vaksinasi,” kata Ginandjar.

Ia menjelaskan PMI memiliki kesiapan infrastruktur dan sumber daya di seluruh Indonesia yang dapat membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi.

Mantan Menko Perekonomian/Kepala Bappenas itu mengatakan PMI memiliki 34 markas provinsi, 409 markas kabupaten dan kota, 236 unit donor darah, dan ratusan ribu relawan terlatih.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas