Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Golkar Nilai Adaptasi Pandemi Covid-19 Berjalan Sesuai Jalur yang Diharapkan

Jerry Sambuaga menilai adaptasi yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid relatif berjalan sesuai jalur yang diharapkan.

Golkar Nilai Adaptasi Pandemi Covid-19 Berjalan Sesuai Jalur yang Diharapkan
(Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)
Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga menilai adaptasi yang dilakukan Pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid relatif berjalan sesuai jalur yang diharapkan.

Adaptasi yang dimaksud menurut Jerry adalah adaptasi dalam penyusunan dan penerapan kebijakan dan sosialisasi yang relatif cepat bagi pemerintah.

Sedangkan bagi masyarakat, adaptasi yang dimaksud adalah kepatuhan dalam mengikuti kebijakan dan penerapan pola interaksi yang sesuai dengan konteks pandemi.

Pada sisi Pemerintah, menurut Jerry, penyusunan dan penerapan kebijakan makin bisa mengikuti irama pandemi yang kerap berfluktuasi.

Ketidaktentuan kondisi akibat pandemi makin bisa dipahami para pembuat keputusan sehingga volatilitas pandemi itu sendiri bisa lebih tertangani.

Jerry mencontohkan dalam kebijakan kesehatan.

Baca juga: Politikus PKB Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19

Meskipun diserbu oleh varian delta yang sempat menaikkan secara tajam penderita Covid-19 pada bulan Juni dan Juli, tetapi dengan kebijakan yang baik makin lama makin bisa tertangani.

“Kalau kita ikuti perjalanan outbreak covid varian delta ini sebenarnya dapat kita lihat bahwa kemampuan pemerintah makin bagus. Sempat naik tajam tapi kemudian bisa dikendalikan. Sekarang beberapa daerah sudah menunjukkan pelandaian,” kata Jerry dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Karena itu, pihaknya terus meningkatkan capaian vaksinasi nasional agar dampak pandemi bisa segera teratasi.

Halaman
12
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas