Tribun

Virus Corona

Pfizer-BioNTech Minta Regulator AS Setujui Vaksin untuk Anak-anak Usia 5 sampai 11 Tahun

Pfizer-BioNTech telah meminta regulator Amerika Serikat (AS) untuk mengizinkan penggunaan darurat vaksin covid-19 mereka untuk anak usia 5-11 tahun.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Pfizer-BioNTech Minta Regulator AS Setujui Vaksin untuk Anak-anak Usia 5 sampai 11 Tahun
Fred TANNEAU / AFP
Pfizer-BioNTech Minta Regulator AS Setujui Vaksin untuk Anak-anak Usia 5 sampai 11 Tahun 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Pfizer-BioNTech telah meminta regulator Amerika Serikat (AS) untuk mengizinkan penggunaan darurat vaksin virus corona (Covid-19) mereka untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun, sebuah kelompok yang saat ini tidak boleh divaksinasi.

Pernyataan ini disampaikan raksasa farmasi AS itu pada Kamis kemarin.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (8/10/2021), Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS telah menetapkan panel penasehat luarnya untuk bertemu dan mendiskusikan aplikasi tersebut pada 26 Oktober mendatang.

Baca juga: Pfizer Serahkan Data ke Kementerian Kesehatan Jadi Dasar Pertimbangan Vaksinasi Ketiga di Jepang

Baca juga: Pemerintah Jepang Belum Pastikan Kapan Terbitkan Aplikasi Paspor Vaksinasi Covid-19

Sehingga memungkinkan anak-anak dalam kelompok usia ini yang berjumlah sekitar 28 juta, untuk mulai menerima vaksin Pfizer dua dosis.

"Dengan kasus baru pada anak-anak di AS yang terus berada pada tingkat tinggi, pengajuan ini merupakan langkah penting dalam upaya berkelanjutan kami melawan #Covid19," cuit Pfizer dalam akun Twitter perusahaan itu.

Sebelumnya, vaksin ini telah memenangkan otorisasi penggunaan darurat AS pada kelompok remaja usia 12 hingga 15 tahun dan sepenuhnya disetujui oleh regulator untuk disuntikkan pada mereka yang berusia 16 tahun ke atas.

Vaksin Pfizer-BioNTech merupakan salah satu dari tiga vaksin yang digunakan di AS, bersama dengan vaksin Moderna dua dosis dan Johnson & Johnson dosis tunggal.

Mal Artha Gading Gelar Vaksin Pfizer
Mal Artha Gading Gelar Vaksin Pfizer (ist)

Namun Moderna dan Johnson & Johnson tidak memenangkan persetujuan regulasi penuh untuk semua kelompok usia.

Perlu diketahui, otorisasi cepat vaksin Pfizer-BioNTech pada anak-anak dapat membantu mengurangi potensi lonjakan kasus dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, karena sekolah-sekolah akan dibuka secara nasional.

Jika diberikan izin, vaksin Pfizer-BioNTech dua dosis ini akan menjadi suntikan Covid-19 pertama yang tersedia untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun di AS.

Perusahaan tersebut mengatakan pada 20 September lalu, vaksin ini terbukti menginduksi respons imun yang kuat pada anak berusia 5 hingga 11 tahun dalam uji klinis terhadap 2.268 peserta.

Selain itu, Pfizer-BioNTech juga menguji vaksin pada anak-anak usia 2 sampai 5 tahun dan anak-anak usia 6 bulan sampai 2 tahun, dengan data diharapkan keluar pada kuartal keempat.

Vaksin tersebut diprediksi siap diluncurkan pada awal November mendatang, sambil menunggu persetujuan dari badan pengatur kesehatan federal.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas