Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Setahun Lebih Terhenti, Mulai Gelar Upacara Ngaben di Bali dengan Protokol Kesehatan Ketat

Pemerintah menganggap pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama lebih dari 1 tahun ini mulai terkendali, sehingga terdapat sejumla

Setahun Lebih Terhenti, Mulai Gelar Upacara Ngaben di Bali dengan Protokol Kesehatan Ketat
Foto: (Dok. Kementerian Kesehatan)
Upacara Ngaben yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat di area Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali pada Jumat (8/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Pemerintah menganggap pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama lebih dari 1 tahun ini mulai terkendali, sehingga terdapat sejumlah aturan yang sedikit dilonggarkan.

Termasuk terkait aktivitas seperti upacara keagamaan maupun tradisi budaya tertentu yang biasanya dihadiri masyarakat luas.

Kali ini, Pulau Dewata Bali menghadirkan Upacara Ngaben yang menjadi bagian dari percontohan 'mulai dijalankannya' ritual budaya di masa pandemi ini.

Perlu diketahui, selama ini Ngaben tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya masyarakat Bali maupun Indonesia, namun juga telah dianggap sebagai daya tarik pariwisata.

Oleh karena itu, Upacara Ngaben kali ini menunjukkan contoh bagaimana warisan budaya tetap bisa dijalankan, tanpa melupakan kewajiban untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara Ngaben ini digelar di area terbuka yakni Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali pada Jumat (8/10/2021).

Pemuka Agama sekaligus Satgas COVID-19 wilayah Sanur, Mangku Praja mengatakan proses pelaksanaan Upacara Ngaben selama masa pandemi ini telah sesuai dengan aturan yang diberlakukan pemerintah. 

Upacara Ngaben yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat di area Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali pada Jumat (8/10/2021).
Upacara Ngaben yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat di area Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali pada Jumat (8/10/2021). (Foto: (Dok. Kementerian Kesehatan))

Baca juga: Besok PPKM Darurat, Upacara Ngaben di Gianyar Tetap Digelar dengan Protokol Kesehatan Ketat

Sebelumnya, Pengabenan ini terhenti selama satu tahun lebih, kemudian diganti dengan kremasi terbatas di krematorium, ini dilakukan untuk menghindari keramaian. 

"Untuk Upacara Ngaben di Sanur ini sudah dirancang satu tahun yang lalu, tapi karena pandemi berlanjut terus maka acara ini sampai tertunda dua kali," kata Mangku Praja, dalam rilis Kementerian Kesehatan.

Ia menambahkan, rencana pokok untuk tradisi ini seharusnya dihelat pada 15 Agustus lalu, namun karena pandemi masih terus berlanjut maka upacara ditunda hingga 6 Oktober 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas