Tribun

Virus Corona

PDPI Upayakan Penanganan Penyintas Long Covid-19 dapat Ditanggung BPJS

Erlina Burhan menuturkan saat ini penanganan dan perawatan long Covid-19 belum dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
PDPI Upayakan Penanganan Penyintas Long Covid-19 dapat Ditanggung BPJS
DOK BNPB
Erlina Burhan, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlina Burhan menuturkan saat ini penanganan dan perawatan long Covid-19 belum dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Padahal keluhan long Covid masih banyak dirasakan oleh penyintas.

Untuk itu, pihaknya tengah mengupayakan
perawatan bagi penyintas agar dapat ditanggung BPJS.

"Saat ini long Covid-19 belum dijamin BPJS. Kalau long Covid-19 ada di buku pedoman maka bakal di-endorse Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan ditanggung BPJS," ungkap Erlina dalam agenda pelatihan media terkait obat dan vaksin di masa pandemi Covid-19 yang diikuti secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Strategi Vaksinasi, Obat Covid-19, dan Prokes Ketat Menjadi Kunci Turunkan Pandemi Jadi Endemi

Pihaknya kini sedang menyusun protokol terkait long Covid-19 sebagai masukan untuk revisi pedoman yang baru.

"Kami sedang persiapkan protokolnya sehingga diakui oleh Kemenkes dan akan ditanggung BPJS. Sudah ada pembicaraan ke situ," ujar Dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Terpisah, Guru Besar FK Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama Guru menyarankan perlu ada mekanisme keuangan agar pasien pasca Covid atau long Covid terus mendapat penangangan medik yang baik.

"Tanpa harus terbebani biaya yang tidak dapat dia tanggung, ini sesuai dengan prinsip Universal Health Care (UHC) yang dianut dunia," jelas Prof Tjandra dalam siaran pers yang diterima, Senin (18/10/2021).

Mengenal Long Covid-19

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas